Webinar Untangle

Beberapa hari yang lalu saya dapat surel resmi dari Untangle bahwa mereka akan mengadakan webinar dengan judul “Configuring Untangle NG Firewall“. Bahasannya lebih ke teknis. Bagaimana kita akan melakukan setup Untangle dan menggunakan fitur-fitur yang ada.

Yang jadi permasalahan adalah waktu pelaksanaanya yaitu jam 10 pagi. Ya, 10 paginya mereka. Jam 1 malam nya saya. Sempat bimbang, apakah yakin bisa bangun atau nggak. Atau bahkan masih bangun atau sudah bablas.

Karena berkaitan saya hendak melakukan revisi buku Untangle yang pernah saya buat. Saya memutuskan untuk sebisa mungkin bisa mengikuti webinar tersebut. Mengambil beberapa referensi yang memang dari pembuatnya.

Banyak pertanyaan yang sudah saya siapkan, yaitu

  • Apakah legal membuat buku untangle dengan bahasa lokal
  • Bagaimana cara kerja bridge mode
  • Sertifikasi Untangle

Dan banyak yang lain sebenarnya yang terlintas.

Sampai hari H. Ternyata saya sangat capek sekali. Memilih untuk lelap dalam tidur. Ketika matahari belum terbit harus ke kantor klien untuk rapat. Dan sore pun setelah pulang dari kantor. Saya terlelap. Namun, sekitar jam 9 an saya ternyata terbangun. Mata terlihat lebih segar. Namun bisa jadi boomerang juga. khawatir malah gak bisa tidur sampai malam.

Ternyata benar, saya gak bisa tidur lagi. Sangat kebetulan, jadi bisa ikut webinar untangle.

Webinar dipimpin oleh Shannon Bonfiglio sebagai moderator dan Eric Newvine (Sales Engineer) sebagai pemateri. Bahasan di mulai dengan memilih mode untangle yang akan di setup untuk jaringan kita.

Jika kamu punya IP Publik dan hendak menjadikan untangle sebagai pusat/gateway dari jaringan lokal, maka kamu bisa menggunakan router mode. Sedangkan, jika kamu sudah punya router yang terpasang dan tidak mau utak atik, namun tetep ingin pasang untangle. Bisa menggunakan bridge mode.

Pembahasan dilanjut mengenai penggunaan fitur layer 2-3 router. Seperti filter rules, bypass rules, dll. Kemudian bahasa dilanjut lagi ke web filter. namun sempat ada kendala di koneksi yang lama. Jadi ya, urung dipraktekkan. Namun, terlepas dari itu banyak juga yang dibahas.

Sembari sesi dilaksanakan Shannon menjawab pertanyaan yang disampaikan. Mengenai pertanyaan yang saya ajukan. Jawabannya adalah.

  • Membuat buku untangle dalam bahasa lokal? boleh saja, namun saya disuruh untuk email ke media@untangle.com agar mereka bisa “assist” untuk pembuatan buku yang lebih baik.
  • Sertifikasi Untangle? Ternyata ada, jika kamu partner. Kita bisa masuk ke portal kemudian memilih Untangle University. Sama seperti VMWare ternyata 😀
  • Bagaimana cara kerja bridge mode? ini yang belum clear. Kemampuan saya menangkap orang bicara pakai bahasa inggris ini masih rada sulit 😀


Dan banyak yang dibahas dalam Webinar ini. Setidaknya membuka saya untuk semangat menulis lagi. Ini adalah bagian dari usaha untuk membuat buku Untangle lebih baik lagi. Untuk teman-teman di Indonesia yang ingin mempelajari Untangle, bisa mendapatkan buku Untangle dengan harga murah, baik versi cetak maupun elektronik.

Demikian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.