Update Saldo E-Money di ATM Tanpa Kartu ATM

Buat kamu yang suka berpergian setiap hari menggunakan KRL commuter line, MRT, atau suka keluar masuk tol. Pasti sudah tidak asing lagi dengan Mandiri E-money.

Mandiri E-Money adalah salah satu metode pembayaran cashless yang yang disediakan Bank Mandiri untuk melakukan transaksi menggunakan metode kartu elektronik. Kamu cukup melakukan Tap ke sistem pembayaran kemudian secara otomatis saldo akan berkurang sesuai nominal pembayaran. Namun, ketika saldo habis. Kamu tidak bisa transaksi menggunakan kartu Mandiri E-Money. Kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu.

Banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk mengisi saldo E-Money Bank Mandiri. Bisa melalui Internet Banking, Mandiri Mobile, ATM, Toko Online atau top up di Indomaret. Kalau topup di Indomaret sih ok, kamu tinggal terima jadi. Kekurangannya ya ada biaya admin.

Tapi pernah gak, ketika kamu sudah mengisi e-money via mobile/internet banking atau tokopedia, saldo kamu masih segitu-gitu aja. Gak bertambah?

Nah, itu disebabkan karena kamu belum update saldo E-Money kamu. Supaya saldo e-money kamu terupdate kamu harus menempelkan kartu E-Money ke mesin EDC mandiri. Bisa via handphone melalui aplikasi Mandiri E-money, kalau Handphone kamu ada NFC. Sayangnya diantara kita gak semuanya HP nya punya NFC.

Cara lain adalah, kamu bisa pergi ke ATM Mandiri terdekat biarpun kamu gak punya kartu debit mandiri dan hanya punya e-money nya saja. Kemudian kalau sudah sampe dan masih ngantri, ya berarti ngantri dulu. Nah, kalau udah depan ATM kamu bisa lakukan langkah berikut:

  • Tekan tombol Hijau/OK/Accept pada keypad yang ada di mesin ATM, tujuannya adalah masuk menu transaksi tanpa kartu ATM.
  • Kemudian pilih menu Uang Elektronik (asumsi interface lama). Kalau di interface yang baru (yang sudah berbentuk grafis) kamu bisa langsung pilih menu “E-Money” di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu Mandiri e-Money
  • Pilih menu Update Saldo
  • Taruh Mandiri E-money pada tempat kartu berwarna kuning yang ada logo “Isi Ulang” atau biasanya tulisan “E-Money
  • Nah, secara otomatis saldo akan di update dan akan keluar struk untuk menampilkan isi saldo terakhir kamu.
  • Kalau saat ditempel belum bisa, coba balik ke sisi belakang kartu e-money kamu. Siapa tahu bisa.

Mudah kan?

Tapi menurut saya ini masih terlalu ribet untuk yang belum punya HP NFC. Semoga yang belum punya HP NFC bisa segera punya agar gak repot untuk bisa update saldo ke ATM doang. Semoga Bank Mandiri juga punya solusi lain yang bisa memungkinkan E-Money tanpa harus update saldo manual 😀

Credits: Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.