Transfer Gratis dengan Mudah dari DANA ke GoPay

Saya sendiri tidak menyangka, gejolak fintech di tahun ini benar-benar terasa sampai sebegitu besarnya. Metode-metode tanpa tunai berkembang sangat pesat. Perusahaan/startup fintech yang menawarkan pembayaran secara digital juga mulai lahir satu persatu. Seperti Gopay oleh Gojek, OVO, Dana, Cashbac sampai ke perusahaan negara pun mengeluarkan fintech serupa (Linkaja).

Dan bagi saya, seseorang yang tidak mau ribet sama duit cash. Ini cukup membantu, apalagi memang fintech-fintech ini mungkin sedang bakar duit. Di mana promo cashback maupun diskon cukup sering dan gak tanggung-tanggung. Ini yang bikin menggoda. Apalagi, pembayaran non-tunai ini sudah mulai berkembang tidak hanya di toko-toko besar saja. Bahkan toko-toko kelontong juga.

Jaman emang sudah edan..

Kemarin saya tergiur salah satu promo dari DANA di hari belanja nasional 11 November. Saya mendapat voucher potongan harga 30rb dari Yoshinoya dan CFC.

Akhirnya saya memutuskan untuk top-up ke dana sekitar 50rb an. Dan saya pergi ke yoshinoya dan CFC terdekat (summarecon mall bekasi). Dan, antrinya nauzubilah!

Ternyata yang dapet promo bukan saya aja. Antrinya sudah seperti main ular tangga yang bolak-balik kiri ke kanan. Dan saya memutuskan untuk tidak jadi makan itu karena sudah kenyang duluan lihat antriannya :-D.

Akhirnya saya memutuskan daripada saldo di DANA tidak terpakai. Lebih baik saya alihkan ke dompet produk fintech sebelah. Yang biasa saya gunakan untuk pesan Go Food.

Salah satu keunggulan DANA adalah, kita bisa transfer ke bank lain secara gratis dan mudah. Setiap bulannya, pengguna diberi 10 kali kesempatan untuk bebas transfer ke Bank lain melalui DANA. Dengan syarat, sudah mengupgrade ke DANA Premium (Dana yang sudah terdaftar dan terverifikasi KTP). Dengan minimal transfer 50 ribu.

Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk mentransfer saldo DANA ke Gopay:

  • Buka Aplikasi DANA, pastikan kamu sudah terverifikasi akunnya (dengan cara upload KTP dan selfie KTP). https://dana.id/faq.
  • Pilih Send/Kirim untuk melakukan transaksi transfer.
Dana Send
  • Pilih Send to Bank Account, kemudian pada bagian Input Bank Info isikan seperti berikut:
    Bank Name: PERMATA BANK
    Account Number: 898+Nomortelepon (jadi: 89808123456789)
    Alias: Misal “Gopay Dhenandi”
Input Bank Account
  • Masukkan jumlah saldo DANA yang akan di transfer. Minimal transaksi adalah 50 ribu. Pilih Next
Jumlah saldo dana yang di transfer
  • Pastikan jumlah yang akan di transfer sudah sesuai, dan saldo DANA yang kamu punya cukup.
Verifikasi transfer
  • Jika kamu sudah yakin akan uang yang akan kamu transfer, pilih Confirm.
  • Selanjutnya kamu akan di intruksikan untuk masukkan PIN DANA.
  • Dan, transfer selesai. Mudah kan?
  • Kamu juga bisa cek saldo dan histori mutasi di masing-masing aplikasi.

Nah, setelah Gopay di isi saya tinggal melanjutkan beli makanan di Gofood atau pesan antar jemput kendaraa lewat Go-ride :D. Selama saldo di DANA ada, saya juga bisa pakai DANA untuk bayar pulsa, listrik tagihan, dll. Mumpung banyak promo :D.

Eits, tapi jangan sampai lupa untuk rem pengeluaran kamu ya, meskipun banyak promo. Pastikan kamu menjaga uang dengan baik :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.