Training NGFW Untangle Universitas Muslim Indonesia

Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya diberikan kesempatan untuk memberikan pelatihan Next Generation Firewall Untangle kepada teman-teman dari wilayah Indonesia timur, yaitu dari Universitas Muslim Indonesia Makassar. Sebut saja UMI.

Tim UMI datang ke Bekasi dengan membawa pasukan sebanyak 4 orang. Dan tentunya dengan latar belakang universitas. Saya harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa dapat tampil maksimal untuk mengajar training.

Training dilaksanakan di hari Senin, 11 Februari 2019. Hari jum’at nya saya menginap di Markas Excellent untuk mempersiapkan semua nya agar hari senin training sebisa mungkin berjalan dengan lancar. Beberapa materi terbaru saya ujicoba seperti Zero Touch Provisioning Untangle, dan Intrusion Prevention Untangle.

Di versi 14, Untangle mengubah basis dari aplikasi Intrusion Prevention ke Suricata, sebelumnya menggunakan SNORT. Dan saya juga menguji coba beberapa hal terkait dengan fitur-fitur untangle yang akan diujicobakan nantinya.

Senin, pelatihan hari pertama dimulai. Training dimulai sekitar jam 10. Biasanya kami memulai training di jam 9. Ini ada miskomunikasi sedikit dengan tim yang membuat penawaran karena dicantumkan training mulai jam 10.00 hehe. Secara prinsip buat saya tidak masalah, hanya saja saya agak sedikit khawatir kalau nanti materinya tidak semua terselesaikan.

Training dimulai dengan pembukaan dari Pak Vavai selaku atasan saya. Memperkenalkan sedikit mengenai Untangle dan kenapa excellent juga menggunakan Untangle.

Untangle sudah digunakan oleh excellent sejak masih versi 9.0. Dahulu kami hanya mengetahui Untangle sebagai Antispam dan Antivirus untuk email server. Karena core bussiness dari kami yaitu adalah email server. Namun setelah diteliti lebih jauh, Untangle bukan sekedar antispam, melainkan terdapat sekali fitur-fitur layer 7 yang bisa kita gunakan.

Training dilanjutkan dengan sesi perkenalan. Saya sudah curiga, karena UMI merupakan salah satu universitas ternama di makassar. Dalam hati saya berfikir, pasti pendidikannya lebih tinggi dari saya. Benar saja, ternyata ada salah satu peserta yang merupakan ketua dari IT UMI. Pak Takdir Syarif yang merupakan Doktor lulusan Teknik Kimia S3 UGM Jogja.

Saya sempat minder, karena beliau sangat jauh diatas saya. Namun, saya juga sempat sharing dengan beliau. Bagaimana beliau membangun jaringan dan aplikasi yang ada di UMI dengan otodidak dan latar belakang pendidikan yang tidak terlalu berkaitan dengan IT, beliau adalah lulusan Teknik Kimia di UGM, namun bisa membangun jaringan dan aplikasi yang ada di UMI secara otodidak, sangat hebat menurut saya. Karena hal tersebut ada dorongan dalam diri agar terus bisa meningkatkan kemampuan serta kualitas diri serta bagaimana memberikan kontribusi yang terbaik terhadap perusahaan/instansi tempat saya bekerja saat ini.

Terima kasih kepada Pak Takdir, semoga urusan beliau selalu dilancarkan. Aamin 🙂

Di hari pertama, materi training yang dibahas adalah seputar pengenalan Untangle, Instalasi, Provisioning serta pengenalan beberapa menu yang ada pada dashboard Untangle.

Namun, karena training bersifat fleksibel karena merupakan training special class untuk rekan-rekan dari UMI. Kami juga sempat membahas beberapa fitur utama yang ada pada Untangle seperti web filtering, SSL Inspector, serta fitur lainnya. Meskipun materi tersebut akan dipaparkan esok hari.

Di hari selanjutnya, training dimulai lebih awal, yaitu pukul 09.15. Sesuai dengan request. Dan kami menyelesaikan beberapa materi untuk fungsi router seperti Bandwidth Control, WAN Failover dll.

Training ini merupakan training yang sangat berkesan bagi saya. Selain pesertanya dari jauh. Banyak pengalaman yang saya dapat dari teman-teman IT UMI. Terima kasih, kepada teman-teman UMI yang sempat mampir ke planet bekasi. Semoga kita dapat bertemu di lain kesempatan.

Ini gaya bebas, nggak ada kaitan dengan politik ya 😀

Jika teman-teman tertarik mengikuti training yang ada di excellent, pantau terus jadwalnya di http://www.excellent.co.id/training/jadwal-training/.

Dan apabila teman-teman juga tertarik dengan Buku NGFW Untangle, buku cetaknya dapat dibeli di Tokopedia dan Bukalapak.Jika teman-teman lebih tertarik dengan versi ebook nya, dapat juga ditemui di Google Play.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.