Sertifikasi dan Perbaikan Buku Untangle 2019

Alhamdulillah, segala puji syukur hanya untuk Allah SWT. Atas rahmat dan berkah dari-Nya lah saya masih bisa diberikan kesempatan untuk menulis tulisan ini.

Minggu lalu, saya telah menulis pengalaman peribadi saat mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Untangle Inc. Materi webinar nya berupa Instalasi dan Konfigurasi Next Generation Firewall Untangle. Alhamdulillah, banyak sekali ilmu yang bisa saya dapat. Dan beberapa pertanyaan yang ada dalam pikiran saya perihal Untangle pun bisa tersampaikan. Salah satunya adalah sertifikasi resmi untuk Untangle.

Awalnya, saya mengira. Untangle ini tidak ada sertifikasi apapun. Sertifikasi yang dimaksudkan ini yaitu sertifikasi seperti MTCNA-nya mikrotik, atau CCNA-nya Cisco. Pada webinar tersebut, saya sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang hendak saya tanyakan. Salah satunya perihal sertifikasi tersebut.

Kebetulan, PT Excellent Infotama Kreasindo tempat saya bekerja saat ini, merupakan partner resmi Untangle di Indonesia. Banyak sekali kemungkinan yang bisa dilakukan untuk mempromosikan Untangle di Indonesia. Tahun ini, kami berencana untuk meningkatkan sales lisensi dari produk Untangle. Kami percaya, Untangle adalah aplikasi Next Generation Firewall berbasis Linux yang cukup handal untuk digunakan dan diimplementasikan di perusahaan yang dikelola. Selain bersifat open source. Untangle sangat mudah sekali untuk digunakan. Lisensi-nya pun harganya bisa dibilang terjangkau untuk sebuah perusahaan.

Improvement pertama, yang akan dilakukan oleh Excellent adalah men-sertifikasikan engineer di beberapa vendor, seperti Untangle, dll. Tujuannya sendiri agar meyakinkan pelanggan bahwa Excellent memang excellent dalam bisnis yang ditekuni, baik Untangle maupun bisnis lain.

Pada webinar tersebut, saat saya menanyakan perihal sertifikasi Untangle. Salah satu dari Customer Relationship staff Untangle mengirim surel pasca training kepada saya. Karena saya sering banyak nanya, baik teknis maupun sales. Ia menanyakan apakah ada ketertarikan dengan produk mereka atau tidak.

Saya menjawab, sangat ada. Karena kebetulan kami adalah partner Untangle. Saya sampaikan bahwa kami ingin men-sertifikasikan engineer untuk Untangle. Ia menyarankan kami untuk masuk ke portal dan mencari menu Untangle University khusus untuk partner.

Setelah dicek, ternyata tidak ada menu untuk Untangle University. Saya-pun mengirim email balik kepada mereka. Dibalas di hari berikutnya. Mereka mengirimkan tautan kepada kami untuk mensertifikasikan engineer, gratis khusus untuk partner.

Pagi itu juga, saya langsung mengikuti course yang ada sebelum mengikuti ujian. Total course ada 16. Seharian setelah mengikuti. Malam hari itu juga saya langsung ikuti ujiannya. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan, saya 2 kali gagal. Syarat kelulusannya adalah 85. Sementara saya hanya mendapat 75 di kesempatan pertama, dan 77 di kesempatan ke-2.

Alhamdulillah, di kesempatan ke 3 saya berhasil menyelesaikannya dengan nilai 97,5. Salah 1 soal, itupun saya masih menyesal, karena salah 1 tidak dapat nilai sempurna. Tapi tak apa, sekarang saya sudah sah jadi Untangle Certified.

Sertifikat Resmi dari Untangle

Setelah ini, kami akan menghidupkan kembali training Next Generation Firewall Untangle di Excellent. Semoga segera terlaksana. Silakan pantau terus website https://www.excellent.co.id untuk info training dan layanan terbaru ya 🙂

Improvement kedua yang akan dilakukan adalah memperbaiki kualitas buku Untangle yang sebelumnya sudah dirilis pada Agustus 2018. Waktu itu, saya berkolaborasi dengan Divisi Publishing dan Literasi Excellent untuk membuat buku Untangle. Karena ada salah satu permintaan lisensi dan training Untangle dari salah satu perguruan tinggi swasta di Bekasi.

Perguruan tersebut adalah STMIK Bani Saleh, tempat saya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi saat ini. Memang Excellent dan Bani Saleh kebetulan sudah mempunyai relasi sejak lama. Karena Pak Vavai selaku atasan saya pun alumni dari Bani Saleh.

Saat itu, saya diberi tugas dadakan oleh Pak GM, Ahmad Imanudin untuk membuat buku dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu. 1 Buku yang membahas seluk beluk Untangle. Wajib, karena mereka akan training di 3 minggu kedepan tersebut dan saat ini belum ada panduan/handout.

Akhirnya, saya memutuskan untuk membuat buku dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Bukunya jadi. Hanya saja saya sangat tidak puas akan kualitas buku tersebut. Saya sendiri kadang sangat merasa bersalah karena tidak maksimal membuat buku itu.

Namun, semangat dari kawan-kawan excellent, nasihat release early, release often serta kaizen dari pak boss juga terus menguatkan saya untuk memperbaiki kualitas buku ini. Saya yakin, terlepas dari kekurangan yang ada, setiap ilmu yang ditulis dan diabadikan bisa mendatangkan berkah untuk pebulisnya.

Alhamdulillah, buku Untangle versi pertama yang dirilis pada Agustus 2018, dijadikan acuan/referensi bagi mahasiswa semester akhir di STMIK Bani Saleh. Baik sebagai materi dari mata kuliah keamanan jaringan, maupun tugas akhir/skripsi yang akan mahasiswa Bani Saleh jadikan sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata 1 nya. Terima kasih kepada Bapak Subandri, salah satu dosen di STMIK Bani Saleh yang telah mereferensikan buku ini kepada para Mahasiswa. Semoga segala urusan beliau selalu dilancarkan.

Saya juga terkejut dan sangat bersyukur kepada Allah SWT karena melalui perantara buku ini saya juga mendapat penghargaan dari ketua STMIK Bani Saleh langsung saat wisuda tahun 2018, Pak Taufik Maulana. Sebagai mahasiswa semester 3, merupakan suatu kehormatan bagi saya pribadi untuk menjadi tamu undangan khusus di acara wisuda tersebut. Saya diundang karena membuat buku yang dapat menjadi acuan bagi mahasiswa lainnya agar dapat menuangkan ilmunya melalui tulisan/literasi apapun. Padahal saya sendiri yakin, buku ini tidak ada seberapanya. Untuk Pak Taufik, saya berharap semoga urusan beliau juga selalu dilancarkan.

Atas dasar itu, saya kembali menulis ulang buku Untangle ini agar kualitas nya semakin baik dan lebih baik lagi. Penambahan isi dan kualitas materi, pemilihan kata dan perbaikan salah ketik, proofreading, dll akan terus diperbaiki dan kembangkan agar buku ini dapat berguna bagi siapapun yang membacanya dan dapat diambil manfaatnya.

Satu hal yang penulis percaya, ilmu yang bermanfaat adalah amal perbuatan yang akan terus mengalir kepada penulis/penyampai-nya. Melalui buku ini, saya sangat berharap semoga apa yang dituangkan dan dicurahkan kedalam buku ini bisa menjadi ladang pahala bagi saya pribadi maupun yang membelinya.

Terima kasih kepada jajaran pimpinan dan staff Excellent, terutama pada Divisi Publishing Excellent atas dukungannya. Alifa Tri Febrianti yang senantiasa tekun menjadi editor dalam buku ini. Insyaallah, buku dan training Untangle Next Generation Firewall akan dirilis dalam jangka waktu maksimal akhir kuartal pertama di tahun 2019.

Tetap pantau kami di https://www.excellent.co.id untuk update terbaru ya :-).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.