Script untuk Menghapus Antrian di Zimbra atau Postfix

Sebagai engineer mail server saya banyak terlibat di beberapa pekerjaan instalasi ataupun maintenance. Dalam pekerjaan maintenance, biasanya ada monitoring dari trafik email.

Salah satu kendalanya yaitu adanya kiriman email yang dicurigai sebagai spam dari user internal dalam jumlah yang sangat banyak. Sehingga bisa menumpuk pada antrian (queue) mail server dan kiriman email yang normal menjadi terhambat.

Jika ada kejadian seperti itu (spamming dalam jumlah banyak). Sebenarnya ada tindakan preventif nya. Namun artikel ini tidak fokus untuk hal tersebut. Fokusnya adalah menghapus antrian/kiriman spam tersebut.

Solusinya sangat mudah, saya biasanya menggunakan script dari tulisan pak boss https://www.vavai.com/script-untuk-menghapus-email-spam-di-queue-zimbra-mail-server/. Asalnya dari sini: https://www.ustrem.org/en/articles/postfix-queue-delete-en/

Cukup ketik ./pfdel email@spammer.com

Nah, yang menjadi kendala saya adalah. Script tersebut dikhususkan untuk postfix Zimbra Mail Server saja. Sementara, di beberapa server yang saya tangani tidak hanya menggunakan Zimbra. Melainkan juga ada postfix murni.

Sebenarnya Zimbra juga berbasis postfix namun sudah dikonfigurasi sedemikian rupa dan memiliki path yang berbeda dengan postfix murni.

Jika ditengok pada script tersebut, ia menggunakan postsuper dan postqueue. Yang cukup diubah hanya penempatan pada direktori postuper dan postqueue saja.

Namun, itu masih manual.

Script tersebut saya coba modifikasi agar mendeteksi pemakaian postfixnya, apakah ia menggunakan zimbra atau postfix murni.

Script tersebut bisa diunduh pada server secara langsung dengan cara sebagai berikut:

wget -c https://gist.githubusercontent.com/dhenandi/3b4a4931f863c9bd3689a19dbef966ba/raw/6386c7355c80a6f0553e54c37afc7cefaf2ab1e1/pfdel
chmod +x pfdel
./pfdel sender@spammer.com

Berikut adalah scriptnya:

BTW, thank you so much untuk pembuat script ini, karena sangat membantu pekerjaan ! Semoga urusannya dimudahkan 🙂

Sekian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.