Otomatisasi Dark Mode MacOS Mojave dengan Night Owl

Pada rilis MacOS Mojave, salah satu fitur keunggulannya adalah Dark Mode. Dark Mode artinya MacOS yang kita gunakan memiliki tampilan yang gelap (hitam) untuk background dari setiap aplikasi atau seluruh tampilan yang kita gunakan. Pengaturannya bisa kita lihat di menu Settings | General. Maka pada bagian appearance ada 2 menu. Yaitu Light & Dark.

Menu Dark Mode

Namun, sayangnya. Dark mode ini menurut saya lebih cocok pada malam hari dan tidak cocok saat bekerja pagi menggunakan Mac. Saya lebih suka dengan mode terang (light) saat pagi hari. Ini sih tergantung selera. Kalau saya demikian.

Sayangnya, si MacOS ini kurang greget nambahin fiturnya. Belum ada automasi terhadap perubahan tampilan ini pada setiap kondisi hari. Dengar-dengan di MacOS Catalina baru di rilis. Jadi belum bisa otomatis ketika pagi menggunakan light mode, dan malam Dark Mode

Oke, akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi untuk otomatisasinya. Namanya Night Owl. Cara instal sangat mudah, cukup unduh. kemudian instal sesuai wizard.

Aplikasi ini secara otomatis bisa menentukan kapan kita menggunakan mode terang atau gelap. Ada 2 pilihan.

  • Otomatis saat pagi menggunakan Light Mode dan malam menggunakan Dark Mode (sunrise/sunset)
  • Penentuan penggunaan mode berdasarkan Jam. Misal jam 06 pagi – 12 siang menggunakan Light Mode. Jam 1 siang sampai seterusnya menggunakan Dark Mode.

Selain itu, kita juga bisa melakukan pengecualian mode terhadap aplikasi. Misal, ketika kita sedang dalam Dark Mode. Namun beberapa aplikasi tidak terlalu nyaman jika menggunakan Dark Mode dan kita ingin mengaktifkan Light Mode untuk aplikasi itu saja. Itu bisa dilakukan juga.

Always Stay Light

Pada menu ini kita cukup mencentang aplikasi yang ingin kita gunakan dalam Light Mode. Simple kan?

Semoga bermanfaat!

Oh ya, jika aplikasi ini bermanfaat buat kamu. Jangan lupa donasi ke developernya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.