Gampang Banget, Downgrade IndiHome Internet Only

Sudah 3 bulan saya berlangganan IndiHome, 10Mbps. Sudah termasuk televisi berbayar, dan telepon. Sejauh ini, layanan berjalan dengan lancar, alhamdulillah. Belum pernah komplain. Semoga selanjutnya tetap stabil.

Yang jadi masalah, tagihannya ini lumayan. Sekitar 360 ribuan, sudah termasuk pajak. Tapi saya sendiri gak menikmati semua fitur yang ada. Saya hanya menggunakan IndiHome khusus untuk internet saja dirumah. TV dan telepon tidak pernah digunakan sama sekali, mubadzir begitu saja. Sementara, tagihan tetap 360 ribu-an. Lumayan banget menguras kantong.

Tetangga saya, kebetulan langganan IndiHome juga, pemasangannya hanya berbeda 1 hari dengan saya. Beliau sudah duluan untuk cabut layanan TV dan Telepon. Jadi hanya pakai internet saja, sementara itu saya belum. Beliau sudah mencabutnya sekitar masa bulan ke 2 setelah berlangganan.

Hari ini beliau mau bayar tagihan, minta tolong saya untuk bayarkan tagihannya, via online, karena kalau ke Alfamart. Males jalannya.

Okelah, saya bantu.

Ketika dicek, tagihannya cuma 278 ribu. Omaygosssssssssh….

Bedanya lumayan, hampir 100 ribu, saya bayar perbulan 360 ribu, beliau cuma 278 ribu. Saya pikir, cabut layanan TV sama telepon beda nya gak terlalu signifikan. Ternyata, lumayan banget!

Saya coba tanya prosedurnya bagaimana, ternyata harus datang ke Plasa Telkom. Disini bawaannya udah gak enak. Beberapa rekanan saya yang pakai IndiHome, bawaannya sewot kalo ke Plasa Telkom. Komplen internetnya gak bisa. Sudah berhari-hari belum ditangani. Alamat bakal denger orang banyak ngomel disana.

Tapi, demi 278 ribu, saya harus kesana! Semangat

Saya tinggal di Bekasi Barat. Kebetulan, Plaza Telkom terdekat dari rumah saya ada di Ruko Topaz, Summarecon Bekasi. Ini masih baru. Saya sering lewat, biasanya kalau CFD di Summarecon Bekasi. Mudah dijangkau dari rumah.

Alamat lengkapnya : Ruko TOPAZ Sumarecon Bekasi Blok.TC.A No.10-11 Jl. Boulevard Barat Bekasi. Kalau turun dari Jembatan Summarecon Bekasi, pas di Bunderan, bisa langsung belok ke kiri. Nanti disitu, sebelah kiri kelihatan.

Oh ya, adapun perlengkapan yang harus dibawa saat di Plaza Telkom untuk melakukan downgrade paket juga gak muluk-muluk banget, gampang :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga (Kalau bukan atas nama kamu, karena saya waktu daftar IndiHome atas nama orang tua)
  2. KTP/SIM (untuk verifikasi kalau itu kamu).
  3. Materai 6000 (Ini bisa dibeli di Plasa Telkom juga, harganya tetep 6000).
  4. STB TV IndiHome kamu + Remotenya + kabel-kabelnya (Ini yang warnanya item, yang bentuknya persegi, decoder TV yang ada tulisan IndiHome) untuk dikembalikan.

Untuk kamu yang di daerah lain. Mau cari info Plasa Telkom terdekat bisa ke tautan berikut : https://indihome.co.id/plasa-telkom.

Datang ke Plasa Telkom

Saya dateng ke Plasa Telkom sekitar jam set 11. Ketika datang kesana, ternyata keren!

Plasa Telkom Summarecon Bekasi

Pertama kali, saya disambut sama petugas keamanan, untuk ditanyakan keperluannya apa saja, kalau ditanya bilang saja “Downgrade paket“. Walaupun gak ramah amat. Terus diarahkan untuk ambil nomor antrian.

Saat ambil nomor antrian saya ditanyakan kembali mau ngapain. Downgrade paket, kata saya. Terus ditanyakan ID nomor pelanggannya berapa. Sebutkan saja. Lalu difoto. Barulah dapat nomor antrian.

Tempat Antriannya Keren, Cozy!

Saya dapat nomor antrian ke 47, sementara saat itu baru 38. Sekitar selisih 9 nomor. Saya pikir, bakalan nunggu lama ini. Helpdesk nya cuma 2 orang.

Celingak, celinguk cari tempat duduk. Ternyata tempat duduknya enak. Empuk. Sudah tersedia Televisi 40 inci lebih dan 2 PC. Bisa milih, bisa sambil nonton tivi full channel, bisa juga sambil browsingan di komputer. Gratis, cepat!

Saya menunggu sekitar 45 menit. Dan gak kerasa, karena sambil browsingan. Sambil nonton tivi juga. Full channel, dan cepat itu. Tiba saatnya, dilayani Helpdesk.

Proses Cepat!

Habis browsingan, nonton TV yang cepat dan Full Channel itu, rasanya udah PW. Gak mau beranjak. Tapi nomor antrian saya sudah dipanggil.

Kali ini saya dilayani, mbak-mbak. Cantik, berjilbab, ramah. Mungkin kalo orang ke sana niatnya mau komplain, bakalan gak jadi. Karena mbak-mbaknya ramah. Tapi, jadi harus jaga pandangan.

Saat dilayani, proses nya cepat, sat set bat bess..

Ditanya nomor langganannya berapa, serahin fotocopy KK dan KTP/SIM untuk difotocopy oleh mbaknya, serahkan STB/Decoder TV nya. Selesai, dan dijelaskan bahwa tagihan bulan ini hitunganya dihitung prorata. Dan tagihan bulan selanjutnya sudah menggunakan yang baru, 278 ribu/bulan. Sudah termasuk pajak. Alhamdulillah!

Maksudnya prorata dibulan ini, karena saya pengajuannya di tanggal 9 Juni, dan bayar tagihan bulan kemarin sekitar tanggal 1 Juni.

Jadi, 9 hari kebelakang itu masih menggunakan tarif lama. Hitungannya “TarifLama/9” dan hari berikutnya sudah menggunakan yang baru. Jadi “Tarifbaru/sisahari“. Dan dijumlahkan total keduanya.

Bukti Downgrade

So far, saya merasa puas dengan layanan Plasa Telkom. Fasilitas OK, CS juga OK. Semoga Telkom terus memberikan layanan yang terbaik untuk negeri ini.

Sebagai bentuk dukungan terhadap telkom, nanti senin. Di hari bursa, saya beli saham TLKM. Walaupun cuma 2/3 lot 😛

Semoga bermanfaat bagi kamu yang mau Downgrade layanan IndiHome untuk Internet Only ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.