Gampang Banget, Downgrade IndiHome Internet Only

Sudah 3 bulan saya berlangganan IndiHome, 10Mbps. Sudah termasuk televisi berbayar, dan telepon. Sejauh ini, layanan berjalan dengan lancar, alhamdulillah. Belum pernah komplain. Semoga selanjutnya tetap stabil.

Yang jadi masalah, tagihannya ini lumayan. Sekitar 360 ribuan, sudah termasuk pajak. Tapi saya sendiri gak menikmati semua fitur yang ada. Saya hanya menggunakan IndiHome khusus untuk internet saja dirumah. TV dan telepon tidak pernah digunakan sama sekali, mubadzir begitu saja. Sementara, tagihan tetap 360 ribu-an. Lumayan banget menguras kantong.

Tetangga saya, kebetulan langganan IndiHome juga, pemasangannya hanya berbeda 1 hari dengan saya. Beliau sudah duluan untuk cabut layanan TV dan Telepon. Jadi hanya pakai internet saja, sementara itu saya belum. Beliau sudah mencabutnya sekitar masa bulan ke 2 setelah berlangganan.

Hari ini beliau mau bayar tagihan, minta tolong saya untuk bayarkan tagihannya, via online, karena kalau ke Alfamart. Males jalannya.

Okelah, saya bantu.

Ketika dicek, tagihannya cuma 278 ribu. Omaygosssssssssh….

Bedanya lumayan, hampir 100 ribu, saya bayar perbulan 360 ribu, beliau cuma 278 ribu. Saya pikir, cabut layanan TV sama telepon beda nya gak terlalu signifikan. Ternyata, lumayan banget!

Saya coba tanya prosedurnya bagaimana, ternyata harus datang ke Plasa Telkom. Disini bawaannya udah gak enak. Beberapa rekanan saya yang pakai IndiHome, bawaannya sewot kalo ke Plasa Telkom. Komplen internetnya gak bisa. Sudah berhari-hari belum ditangani. Alamat bakal denger orang banyak ngomel disana.

Tapi, demi 278 ribu, saya harus kesana! Semangat

Saya tinggal di Bekasi Barat. Kebetulan, Plaza Telkom terdekat dari rumah saya ada di Ruko Topaz, Summarecon Bekasi. Ini masih baru. Saya sering lewat, biasanya kalau CFD di Summarecon Bekasi. Mudah dijangkau dari rumah.

Alamat lengkapnya : Ruko TOPAZ Sumarecon Bekasi Blok.TC.A No.10-11 Jl. Boulevard Barat Bekasi. Kalau turun dari Jembatan Summarecon Bekasi, pas di Bunderan, bisa langsung belok ke kiri. Nanti disitu, sebelah kiri kelihatan.

Oh ya, adapun perlengkapan yang harus dibawa saat di Plaza Telkom untuk melakukan downgrade paket juga gak muluk-muluk banget, gampang :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga (Kalau bukan atas nama kamu, karena saya waktu daftar IndiHome atas nama orang tua)
  2. KTP/SIM (untuk verifikasi kalau itu kamu).
  3. Materai 6000 (Ini bisa dibeli di Plasa Telkom juga, harganya tetep 6000).
  4. STB TV IndiHome kamu + Remotenya + kabel-kabelnya (Ini yang warnanya item, yang bentuknya persegi, decoder TV yang ada tulisan IndiHome) untuk dikembalikan.

Untuk kamu yang di daerah lain. Mau cari info Plasa Telkom terdekat bisa ke tautan berikut : https://indihome.co.id/plasa-telkom.

Datang ke Plasa Telkom

Saya dateng ke Plasa Telkom sekitar jam set 11. Ketika datang kesana, ternyata keren!

Plasa Telkom Summarecon Bekasi

Pertama kali, saya disambut sama petugas keamanan, untuk ditanyakan keperluannya apa saja, kalau ditanya bilang saja “Downgrade paket“. Walaupun gak ramah amat. Terus diarahkan untuk ambil nomor antrian.

Saat ambil nomor antrian saya ditanyakan kembali mau ngapain. Downgrade paket, kata saya. Terus ditanyakan ID nomor pelanggannya berapa. Sebutkan saja. Lalu difoto. Barulah dapat nomor antrian.

Tempat Antriannya Keren, Cozy!

Saya dapat nomor antrian ke 47, sementara saat itu baru 38. Sekitar selisih 9 nomor. Saya pikir, bakalan nunggu lama ini. Helpdesk nya cuma 2 orang.

Celingak, celinguk cari tempat duduk. Ternyata tempat duduknya enak. Empuk. Sudah tersedia Televisi 40 inci lebih dan 2 PC. Bisa milih, bisa sambil nonton tivi full channel, bisa juga sambil browsingan di komputer. Gratis, cepat!

Saya menunggu sekitar 45 menit. Dan gak kerasa, karena sambil browsingan. Sambil nonton tivi juga. Full channel, dan cepat itu. Tiba saatnya, dilayani Helpdesk.

Proses Cepat!

Habis browsingan, nonton TV yang cepat dan Full Channel itu, rasanya udah PW. Gak mau beranjak. Tapi nomor antrian saya sudah dipanggil.

Kali ini saya dilayani, mbak-mbak. Cantik, berjilbab, ramah. Mungkin kalo orang ke sana niatnya mau komplain, bakalan gak jadi. Karena mbak-mbaknya ramah. Tapi, jadi harus jaga pandangan.

Saat dilayani, proses nya cepat, sat set bat bess..

Ditanya nomor langganannya berapa, serahin fotocopy KK dan KTP/SIM untuk difotocopy oleh mbaknya, serahkan STB/Decoder TV nya. Selesai, dan dijelaskan bahwa tagihan bulan ini hitunganya dihitung prorata. Dan tagihan bulan selanjutnya sudah menggunakan yang baru, 278 ribu/bulan. Sudah termasuk pajak. Alhamdulillah!

Maksudnya prorata dibulan ini, karena saya pengajuannya di tanggal 9 Juni, dan bayar tagihan bulan kemarin sekitar tanggal 1 Juni.

Jadi, 9 hari kebelakang itu masih menggunakan tarif lama. Hitungannya “TarifLama/9” dan hari berikutnya sudah menggunakan yang baru. Jadi “Tarifbaru/sisahari“. Dan dijumlahkan total keduanya.

Bukti Downgrade

So far, saya merasa puas dengan layanan Plasa Telkom. Fasilitas OK, CS juga OK. Semoga Telkom terus memberikan layanan yang terbaik untuk negeri ini.

Sebagai bentuk dukungan terhadap telkom, nanti senin. Di hari bursa, saya beli saham TLKM. Walaupun cuma 2/3 lot πŸ˜›

Semoga bermanfaat bagi kamu yang mau Downgrade layanan IndiHome untuk Internet Only ya.

171 thoughts on “Gampang Banget, Downgrade IndiHome Internet Only

  1. Bang, gw mau ganti paket juga sama kyak sampean. tapi remote STB ny hilang. itu konsekuensinya seperti apa? apa harus ganti rugi? Thanks

      1. Harusnya sih ngga usah ganti. Soalnya perbulan kita bayar biaya sewa 50rb. Logikanya misal udah langganan setahun, udah 600rb, bisa beli 3 STB tuh.

        Btw, Triple play 10MB-nya koq murah banget ya ? saya per bulan 480rb termasuk pajak.

        Bagus kantornya sepi, antri ngga lama, di Bandung kantor penuh banget, terakhir saya komplain koneksi, antri dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, sayang waktu… hahaha.

        Agan puas dengan telkom ya, kalau saya malah malas, udah muak. Saya pelanggan dari tahun 2004, kacau sistem telkom ini, dan mahal.
        1. Upload & download speed 1:10
        2. Ngga unlimited, ada FUP
        3. Mahal
        4. Pasang addon seenaknya tanpa persetujuan, tanpa konfirmasi, tagihan saya naik sampai 580rb waktu itu.
        5. Tidak sesuai perjanjian, sering ingkar janji.

        Bandingkan dengan ISP swasta, ISP lain itu true unlimited, speed 1:1, dan murah. Contoh biznet, 300rb dapet 50MB, benar unlimited. Perusahaan swasta biasanya SOP lebih ketat dan profesional.

        Saya ngga suka sistem indihome yang seenaknya, seperti kemarin Asian Games, speed pelanggan dikurangi setengahnya, katanya difokuskan untuk Asian Games, tapi tidak ada kompensasi apapun, bayar tetap sama, speed lambat kaya keong. 480 rb loh per bulan, bukan harga yang murah untuk speed lemot.

        Lalu per bulan ada biaya sewa ONT, biaya saya 50rb, dan katanya kalau rusak akan diganti baru, saat rusak ternyata tidak diganti, akhirnya saya beli sendiri online. Jadi banyak biaya2 aneh yang merugikan pelanggan sebenarnya.

        Tapi sayang di daerah rumah saya tidak ada pilihan ISP lain, kalau ada sih sudah pindah dari dulu. wkwkwk

        1. menurut saya yang komentar seperti ini kurang informasi saja. untuk masalah sewa ont, itu diasuransikan bos, saya setiap ada kerusakan di ganti baru dan gratis perbaikan makanya tiap bulan ada biaya sewa, dan bagus bagus aja. kalau membandingkan dengan perusahaan baru yg pelanggannya sedikit bisa kasi promo begitu tapi kalo ada gangguan susah lapor dan kurang fasilitas, beda sama telkom yg ada di mana mana, akses mudah.
          – ngga unlimited? sekarang semua sistem unlimited emang begitu kebanyakan, pake provider mana juga gak fully unlimited.
          – kalo merasa mahal, sesuaikan dong paket dengan kemampuan. kalo mahal pake internet only cuma 270an, atau tunggu ada promo.
          -sepertinya pasang add on tidak mungkin tanpa persetujuan, saya pernah cek tagihan naik ternyata adik saya pencet beli channel di tv jadinya tagihan naik. coba di cek lagi kenapa bisa ada pembelian add on.
          ya begitulah customer, ingin murah tapi kualitas oke.

    1. Saya berenti langganan tgl 22 april, bulan mei masih kena tagihan full, kata cs nya sudah tagihan prorata tapi tetap full kenapa ya?

  2. waduh bener ini, apalagi point ke-5, tidak sesuai perjanjian, sering ingkar janji , bikin kesal . dulu mau pakai biznet, tapi biaya pasangnya agak mahal jadi milih ke indihome, awal awal aja murah dan memuaskan, eh sekarang malah kayak gini indihomenya, sudah mahal, aku gamau upgrade malah dia maksa, mbps nya naik tapi malah makin lemot, sudah berapa kali protes ga ada tanggapan

  3. Bang, aku denger cerita abang jadi terinspirasi , tapi indihome ya Atas nama bapakku, dan saya anaknya, abang tau gak boleh diwakilkan atau tidak?

    1. Boleh bang, Indihomeku juga atas nama ibuku sampe sekarang. Yang penting nanti saat di telkomplasa bawa fotokopi kartu keluarga atau yang bisa membuktikan bahwa abang anak dari bapaknya abang :D.

  4. kalo downgrade dari paket inet dan telepon ke inet saja berarti telponnya diputus dan gak perlu bayar abonemen lagikah? bisa langsung langganan paket inet only dari awal gak ya?

    1. betul mbak, tidak perlu bayar abodemen lagi. kalau dari awal kemarin saya tanya sih gabisa. jadi minimal sebulan langganan dulu. sebelum tagihan pertama muncul. bisa datang ke plasa telkom untuk downgrade paket. jadi di bulan ke dua tarif sudah pakai yg harga downgrade

    1. Sama bu, malah lebih mudah. cukup datang ke plasa telkom dan bawa Foto Kopi KTP jika indihome atas nama ibu. Atau Foto Kopi KK jika indihome atas nama orang tua/anggota keluarga πŸ™‚

      1. wah akhirnya dapat informasi juga, thank u om….jadi harus nunggu 1 bulan pemakaian dulu baru bisa downgrade paket ke single-play ya….

  5. Halo om. Masalah sy juga sama. Tagihan sy kisaran 350rb sedangkan teman sy yg juga pasang indihome malah 285rb padagal sama sama menggunakan paket internet only.
    Serasa agak kurang beres

    1. Halo kak,

      itu pasti karena masih pakai triple play. mungkin bisa coba datang ke plasa telkomnya kak. konfirmasi kalau tagihannya masih segitu. omelin aja kalo emang sebelumnya udah sempet ngajuin jadi internet only tapi tarifnya segitu, hahahaha

    1. wah sesama orang bekasi, tosss!

      kalo pertama ngajuin indihome bisa nya tripleplay mas(tv,telp,internet). nah, kalo udah setengah bulan berjalan bisa ke plasa telkom summarecon buat ngajuin jadi internet only. jadi pas bulan kedua berjalan tagihannya udah pake internet only

  6. Numpang tanya, mas. Kalo mau downgrade dari 3p ke 2p itu apa ada ketentuannya untuk berlangganan berapa lama? Misal syaratnya berlangganan 1 bulan atau 2 bulan baru bisa melakukan downgrade? Soalnya saya ngerasa butuh internet saja, soalnya telepon kabel saya rasa sudah tergantikan dengan whatsapp atau free call lainnya
    Terima kasih, mas.

    1. halo mas, untuk syarat minimal berlangganan 1 bulan mas. namun untuk pengajuannya bisa di pertengahan bulan sebelum tagihan masuk. jadi ketika tagihan di bayar, bulan selanjutnya sudah pakai tarif baru.

      untuk prosesnya cepat kok, selama mas ke plasa telkom, ajukan pengajuannya, pas pulang sudah beres.

  7. Siang mas mau tanya kalo mau downgrade ke 10mbps dari 30mbps bisakah? kira2 apa aja ya syaratnya? kebetulan paket saya sudah yg 1p mas

    1. bisa mas, seingat saya di aplikasi ada kalo itu aja. tapi nggak tau bisa gak. kalo mau lebih enak silakan ke plasa telkom. syaratnya sama dengan yg ada di artikel saya ya

  8. Mas, di bulan berikutnya setelah downgrade langasung berubahkah tagihannya mas? Saya baru downgrade, tp tagihan nya malah naik πŸ™

    1. Seharusnya di bulan berikut nya sudah pakai yang baru mbak tagihannya. Mbak Downgrade nya jaraknya lama atau gak dengan bayar tagihan?

      Saya sempet aneh juga. Waktu itu downgrade tanggal 9. Seharusnya tanggal 10-31 sudah pake tarif baru. Namun di bulan berikutnya saat muncul tagihan baru tarifnya masih lama. Seharusnya pro-rata.

      Akhirnya saya telepon 147. mereka bilang ada kesalahan tagihan. Setelah diperbaiki, akhirnya tagihan saya turun, dan sudah mengikuti harga yang sudah downgrade dari tgl 10-31.

      Mungkin bisa dicoba di telepon mba 147 nya. Atau via aplikasi. Karena via aplikasi di prioritaskan sehingga lebih cepat.

  9. bro, saya pake 3p, mau ganti ke internet only, tapi ini yg 3p udah harus bayar tagihan, nah nnti klo saya ganti ke internet only bayar ny harga yg internet only yah??
    Terimakasih.

    1. kalo setelah bayar tagihan, kemudian perpanjang beberapa hari setelahnya. tagihan selanjutnya dihitung pro rata.

      jadi misal, tagihan tanggal 5. kita downgrade tanggal 10. berarti tanggal 5-10 masih pakai tarif lama. tanggal 10 sampai selanjutnya itu baru pakai tarif baru yang internet only.

      di bulan selanjutnya lagi baru tagihan nya hanya yang i ternet only.

      untuk cara hitung prorata bisa dicari di google mas bro

    1. Ga masalah mbak, kalo kemaren sih bilangnya kalopun gak bawa nanti ada orang indihomenya buat ambil alat. tau bener apa gak. tapi tetangga saya sih sampai sekarang remote dan stb nya belum diambil πŸ˜€

  10. makasii infonya, saya udah coba baca blognya dan komentar sebelum2nya biar tidak ada pertanyaan yg sama berulang2, kebetulan saya mau downgrade paket juga, tapi akunya ga ada dapat remotenya.. yg komen2 lain kan alasannya hilang, tapi kalau saya dari bulan kemaren baru daftar, ga ada saya dapat remote nya, itu gimana ya mas?

  11. Sekedar sharing.. Saya baru saja migarasi layanan indihome 2P ke 1P internet only. Tanggal 1 maret saya ke Plaza Telkom, proses sangat mudah, hanya tunjukin KTP. Pengisian form digital dibantu CS, diinfokan bahwa nilai tagihan akan berubah per tagihan April. Proses hanya sekitar 15 menit tanpa ngantri.
    Keesokan harinya, indihome saya bermasalah, WiFi konek tapi tidak ada akses internet, konek tapi gak bisa browsing. Setelah 3 hari berlangsung seperti itu, saya akhirnya menghubungi telkom 147. Dan dijawab kalau gangguan yang saya alami dikarenakan internet saya “DIBLOKIR karena adanya migrasi” tersebut. Lhaa.. CS Telkom Plaza sama sekali tidak menginformasikan kalau nantinya akan ada pemblokiran internet seperti itu / layanan internet tidak bisa digunakan. Setelah menghubungi 147, barulah indihome normal kembali.

    1. Terima kasih banyak untuk sharingnya mbak,

      Sangat bermanfaat buat pembaca. Terutama untuk pegawai telkom juga supaya supportnya lebih ditingkatkan terhadap pelanggannya. πŸ™‚

  12. mas mau tanya nih, sekarang kan lagi pake yg 2p(internet dan telepon) mau pindah ke 1p, saya mau liat-liat dulu nih harga dari paketan 1p berapa aja, bisa diliat dimana ya mas?

    1. mohon maaf mas, kalau katalog harga saya kurang tau. tapi seingat saya. kalau misal langganan 2p mau di downgrade jadi 1p itu dikurangin 50 apa berapa ribu gitu. lupa saya hehe

  13. Setau saya harga resmi 1play 250 belum pajak dll, kebetulan Minggu ini juga ada rencana downgrade dari 3play ke 1play, telpon gak dipakai, tv juga bosenin channel-nya beda sama punya kakak pakai first media yang tv-nya full channel dan ada HBO cuma kena 210 perbulan

  14. Halo mas Dhenandi. Mas saya mau bertanya, saya pelanggan lama Speedy yg sudah 9th berlangganan dan msh berkecepatan 512kbps+tlp+jaringan sudah FO dan saya ada keinginan untuk upgrade ke 1P internet only 10mbps, apakah hal itu bisa untuk dilakukan untuk pelanggan lama speedy seperti saya? mengingat paket saya masih yg 512kbps, atau memang harus pasang jaringan baru lagi?

    Mungin itu saja pertanyaan dari saya, terimakasih

    1. Halo mas,

      Maaf baru balas, seingat saya berbeda mas. kalau memang sebelumnya speedy harus dari awal langganan indihome dan pasang jaringan baru lagi. Karena speedy ini seingat saya bukan pakai fiber. jadi berbeda layanan.

    2. bisa , pengajuan namanya upgrade speed , bisa pilih paket bundling ato cuma internet aja , klo d plasa biasanya kode MO ( modification ) , untuk pengajuan awal ato sambung baru bisanya untuk segmen bisnis ato usaha

  15. Halo.. saya mau tanya mas.. internet indihome itu basisnya unlimited quota ga ya?
    Soalnya mau pasang indihome cuma msh belum jelas spek internetnya unlimited atau engga.. thank you sebelumnya

    1. halo mbak, indihome gak unlimited. ada namanya FUP. semacam kuota internet. batasan pemakaian. namun setelah kuota terpenuhi tidak serta merta internetnya jadi gak bisa.

      Kalo kuota FUP nya sendiri bermacam tergantung dari langganan yg digunakan. kalau internet 10 Mbps, FUP nya 300GB. setelah 300 GB kecepatannya diturunkan jadi seperempatnya kalau tidak salah.

      demikian penjelasannya, semoga membantu ?

  16. Halo, saya mau tanya. Saya skrg kan pake paket 10Mbps dual play (internet+telepon), nah rencana mau upgrade ke 20Mbps internet only, itu harus langsung ke plasa atau telpon 147 aja?

  17. Wah di tempat gua, mau downgrade dari 3p ke 1p kaga bisa, minimal itu ke 2p, dan itu pilihannya cuman net & tv, absrud gak tuh, ama ano noh FUP gua cuman 20gb, Bayarnya 366.000, mau imigrasi paket yg lainya, yg unlimited yg FUP 300, ampe skrg kaga pindah”, itu lwt cs twiter sih, udah sebulanan,. Kata nya bisa di dia.

  18. Mas saya kan baru aja masang tgl 2 maret kemaren
    Sya baru tau kalau sya ini paketnya 3p yg 10mbps+tv biaya nya 360
    Terus ada tetangga yg masang 315 10mbps+tv biayanya 315
    Ternyata paket sya itu ada tlpn rmh nya juga
    Ini kan belum sebulan
    Kira2 bisa downgrade ke paket yg 10mbps+ tv aja ga ya

  19. Barusan Saya datang ke Plasa Telkom Indihomenya langsung. Saya mau downgrade dari 20mbps ke 10mbps internet only. Tapi kata mbaknya enggak bisa lagi:v gimana dong tu β€˜T’T’

    Dengan terpaksa saya harus cabut karena biayanya lumayan banyak nambahnya.

    1. wah ini aneh si mbak. ini telkom plasanya di mana? mungkin bisa coba telpon 147 buat konfirmasi. apakah memang tdk bisa.

      etapi udah dicabut ya πŸ˜€

      1. Belum dicabut sih kak. Sekarang mau ke Plaza yang lagi satu. Tapi kalau memang keduanya sama. Terpaksa saya cabut beralih ke yang lain hmm.

  20. Bro..saya pake paket 2p harga paket 315 ,tagihan 349.500 idah trmasuk pajak
    Kan batas bayar tgl 5-20april nih,
    Rencana saya mau bayar tagihan bulan april ditanggal 11 april…
    Jika saya mengajukan penurunan paket dri 2p ke internet only

    Apakah dibulan mei nnti di tagihan nya bakal hrga 1p misal (278rb),trimakasih

  21. Kalo tagihan 2p masih ada biaya sewa modem nggak? Saya baru downgrade ke 2p kok masih ada biaya sewa modem/stb padahal kata CS di plasa Telkom katanya nanti setelah prorata sudah tidak ada sewa modem/stb lagi… Bener nggak sih…?

    1. kayaknya kalo biaya modem ada om, saya tiap bulan biaya modem pasti ada. soalnya ditagihan saya yg 278rb itu itemnya salah satunya biaya sewa modem.

      1. mas Bro seandainya kita pake MODEM sendiri apa biaya sewa Modem bisa hilang ya? soalnya kalu dihitung2 biaya sewa modem setahun bisa buat beli modemnya dong? apalagi kalu dipakenya mpe bertahun-tahun….

        1. Halo kak agus,

          Sepertinya ndak bisa kak. Kalau gak salah si modem ini asuransi dan sudah ditanam konfigurasi indihomenya. Jadi kalau seandainya modemnya ancur, rusak atau disamber petir. kita bisa dapet penggantinya gratis.

          Meskipun gak sering aman kita ganti modem wkwkw. Saya sepemikiran juga sama mas agus. seandainya gak kena biaya modem. Merdeka kita! wkwk

  22. Bro…Saya langganan indihome yg 10mbps. Rencananya saya mau upgrade ke 20mbps bulan ini, nah bulan ini saya blm bayar. Pertanyaannya kalo misalkan saya upgrade ke 20mbps bulan ini,bayarnya ttp harga 10mbps atau 20mbps bro?

  23. Saya baru masang 2 hari yang lalu paket 3P, saya mau downgrade ke 1p internet only. Saya Kira TV nya bakal di pakai sama anak saya ternyata engga dan juga telp saya tidak membutuhkan telp rumah sama sekali. Apakah bisa saya downgrade ke 1P ? Secara saya baru masang 2 hari yg lalu hehe.

  24. Saya mau bertanya, saya skrg berlangganan 3p dan mau pindah ke 1p saja.
    Akan tetapi STB box saya hilang.
    Berapa kira2 saya ganti rugi?

    1. kalau untuk ganti rugi kurang tahu pak berapa totalnya, tapi kalo mau trik. bilang aja stb nya gak di bawa. dan saya yakin petugas gak akan ke rumah pak joko hehe

  25. Bro saya rencana baru mau masang nih , kebetulan saya cek di website indihome ada paket netizen (internet+tv) kalo misalnya saya pake paket itu tapi selang sehari langsung di downgrade bisa ga bro , makasih

    1. bisa aja bro. tapi tagihan bulan pertama tetep pake yang 2 itu. internet +tv. tagihan bulan ke 2 baru pake yang internet only. Sayang, kalo udh di downgrade tv nggak bisa dipake lagi. padahal tagihan awal nanti sama πŸ˜€

  26. Kang kan sy pake yg 3p nah mau migrasi ke 1p itu kira” biaya proratanya berapa ya kang, tapi bayar tagihan yg sebelumnya baru bayar hari ini tgl 12 april.

    1. halo mas, ini hitungan biaya proratanya kira-kira begini.

      misalkan kita bayar tagihan di tanggal 5 april 2019. Kita downgrade di tanggal 15 april. berarti kan tagihan selanjutnya muncul 5 mei 2019.

      nah perhitungannya adalah.

      tanggal 5-15 april = 10 hari, ini masih pakai biaya yang awal (360rb)
      tanggal 16 april -5 mei = 20 hari, ini sudah pakai biaya yang baru (setelah downgrade)

      nah perhitungannya sendiri kurang

      biaya awal 360rb/bulan kalau perhari nya berarti 360/30=12rb. Kemudian 12rb x 10 hari = 120 rb
      biaya setelah downgrade 280/bulan, kalau perhari nya berarti 280/30= 9.400 x 20 hari = 188 rb

      berati tagihan di bulan mei nanti harusnya 120+188rb = 308rb.

      1. Mas, saya putus indihome tgl 22 april. Saya bayar tagihan april tgl 15. Tagihan perbulan 350 termasuk ppn. Berarti perhitungan tagihan prorata saya 350/30 = 11.600.
        22 april-15 april = 7 hari. Berarti itungan proratanya 7 x 11.600 = 80.200.
        Berarti tagihan prorata bulan mei 80.200.
        Bener gak mas itungannya?

        1. betul mas,

          seharusnya segitu. tapi belum tahu kalau ada pajak dan sewa stb modemnya apakah termasuk juga tidak. biasanya ditambah biaya pajak sama sewa/asuransi modem

  27. Mas mau tanya, sy rencana mau migrasi dari 3p ke 1p dan tagihan bulan april baru di bayarkan hari ini nah yg sy tanyakan untuk perhitungan biaya pronatanya bagaimana ya dan kira” biayanya berapa mas?
    Makasih

    1. halo mbak, biaya proratanya begini.

      misalkan kita bayar tagihan di tanggal 5 april 2019. Kita downgrade di tanggal 15 april. berarti kan tagihan selanjutnya muncul 5 mei 2019.

      nah perhitungannya adalah.

      tanggal 5-15 april = 10 hari, ini masih pakai biaya yang awal (360rb)
      tanggal 16 april -5 mei = 20 hari, ini sudah pakai biaya yang baru (setelah downgrade)

      nah perhitungannya sendiri kurang

      biaya awal 360rb/bulan kalau perhari nya berarti 360/30=12rb. Kemudian 12rb x 10 hari = 120 rb
      biaya setelah downgrade 280/bulan, kalau perhari nya berarti 280/30= 9.400 x 20 hari = 188 rb

      berati tagihan di bulan mei nanti harusnya 120+188rb = 308rb.

  28. Mas mau nanya kemaren tgl 11 kan saya baru masang indihome 3p , tapi alat yg di pasang cuma STB sama Router modem nya aja , telp dibawa lagi sama teknisi yg masang, kalo mau downgrade ke 1p harus bawa perangkat telp nya gak?

    1. halo mas,
      memang demikian mas. kalau pesawat teleponnya itu biasanya dari kita sendiri. kalau mau downgrade cukup bawa alat-alat yang dikasih dari telkom aja kok.

  29. tq gan, atas infornya.. saya juga rencana mau downg ke 20mps yang dualplay. karena yang 10mbps tripleplay itu tagihannya 435rb sdh dengan telponnya dan tv. sedangkan 20mbps dualplay 360rb internet + telpon. dan kalau di acc bisa menghemat 100rb juga gan..
    pertenyaan, apakan bisa kalau sdh di acc dualplay bisa down juga di hapus langganan telponnya?

    1. bisa om. sebenernya sih selama telpon nya gak pernah dipakai. gak akan ada abodemen yang nambah. jadi gak perlu di downgrade pun juga gapapa. tapi untuk lebih pastinya mungkin bisa ke telkomplasa nya ya

  30. Mas bro…klw mw ngurus downgrade punya tetangga, syaratnya
    1. KTP asli
    2. KK asli
    3. Surat kuasa + materai
    4. STB TV IndiHome + Remotenya + kabel-kabelnya (Ini yang warnanya item, yang bentuknya persegi, decoder TV yang ada tulisan IndiHome) untuk dikembalikan.
    Apakah betul kaya gitu yg perlu disiapkan ke Plasa Telkom

  31. pagi mas, mau nanya nih.
    saya sudah downgrade jadi 1p internet aja. trus saya lihat di tagihan ada biaya sewa modem. apakah bisa saya memakai modem sendiri dan kembalikan modem indihome sekaligus hilangkan biaya sewa modem dari indihome?

    terima kasih.

  32. siang bang, saya mau nanya
    saya berlangganan indihome udh lama dengan paket internet dan telpon. Kalau saya ingin internet saja bisa dak bang?
    walau awalnya orangnya bilang kalau mau pasang internetnya harus pasang telpon sekalian baru bisa.

    1. Saya sebenernya rada bingung juga. Pertama kali downgrade via 147 bilang gak bisa internet only harus ada telepon.

      Tapi kemudian setelah saya dateng ke plasa telkom bekasi ternyata bisa hanya internet saja.

      Etapi kemaren ada kendala, teknisinya ngecek, katanya walaupun saya langganan internet only. telpon memang aktif. hanya aja kebetulan saya gak ada pesawat telponnya.

      Jadi saya sekarang internet aja langganannya. tapi tanpa ke plasa telkom saya tetep bisa pakai telpon saya.

      Mungkin supaya abang lebih jelas bisa ke plasa telkomnya ya.

  33. mas saya udah langganan indihome ada 6bulanan , trus kemaren sempet ga langganan lagi karena saya kerja yg make di rumah ga ada. trus ini mau langganan lagi sempet ngga saya bayar sebulan trus tagihan nya malah bengkak 2bulanan , kalo mau balik langganan trus downgrade apa bisa ? apa harus bayar yg 2 bulan itu dulu ? tp 2 bulan itu internet saya sudah di isolir= saya ga pake sama sekali.

    1. wah, saya kebetulan belum pernah ngalamin gan. saya pikir sih tagihan bulan sebelumnya harus tetap dibayar walaupun gak dipakai.

      tapi saya sendiri kurang tahu, mungkin untuk jelas nya bisa langsung ke plasa tellkom ya mas.

  34. Mas saya mau tanyak paket indihome dr 20mbps paket internet sama tlpn
    Mau saya turunkan ke paket 10mbps tambah paket tv
    Terus paket tlpn nya di hilangkan bisa gak ya
    Saya berlangganan sudah 6 bln.

  35. Gan, mau nanya kalo mau lansung inet only bisa ga tuh? Kudu ke plasa nya ya? Gaboleh tilpun aja? Thnks

    1. Halo kak,

      Untuk downgrade seharusnya tidak memakan waktu lama, setelah keluar dari plasa telkom. Untuk tagihan sudah memakai yang baru. Dan artikel ini tujuannya memang downgrade yang tadinya 3 paket jadi 1 paket (internet only) :-). Silakan dibaca untuk tahap-tahap nya ya. Dan downgrade tidak kena biaya kok.

  36. Siang bang, kira2 klo downgrade memakan wktu lama ga? Trs saya juga baru sebulan langganan indihome, apakah bisa ubah layanan ke internet saja, paket saya sblm nya internet + tv. Terimakasih bang.

  37. Kak, kalo mau downgrade ke inet only kan perlu bawa kk.. masalahnya, indihomenya kan terdaftar atas nama orang yg rumahnya saya sewa.. apa saya tetap bisa melakukan downgrade ke plasa telkom ya kak? Terimakasih..

  38. Ka mau nanya . Kalo tagihan jatuh tempo tgl 20 lalu pembayaran blm dilakukan . Terus kita bayar sekalian ganti paket . Itu hitungannya untuk bulan selanjutnya masih bayar dngan harga paket lama atau yg baru ya kira* . Karna mubazir bgt sebulan 539.000 tpi tv sama tlpon gak di pakai hanya internet saja … mohon berbagi pengalamanya . Makasih

    1. Halo kak, maaf baru balas.

      Selama ganti paketnya belum di waktu jatuh tempo seharusnya bulan selanjutnya udah pakai yang baru kak. kalau udah jatuh tempo/lewat terus downgrade, dari tanggal jatuh tempo ke downgrade tetep pake tarif lama. nanti bulan depat tinggal hitungan prorata aja.

  39. Gan tanya dong.saya baru bbrp hari pasang indihome di kampung halaman nih. Misal mau downgrade ke 1p tp pengajuannya di Plasa Telkom bukan daerah asal bisa g ya???

    Gampangnya saya pasang di Cilacap tp pengajuan downgrade di Plasa Telkom Jogja. Cz masih sering bolak balik jogja Cilacap.

  40. Kalau downgradenya dr 3P mau jd 2P (wifi+TV kabel) berkas persyaratannya jd apa saja ya, yg harus dibawa?

  41. bang, saya kan berlangganan indihome paket internet+tv+telpon kalau mau di downgrade hanya inet only bisa ga gan secara td saya tanya ke yang pasang indihome ga bisa mesti ambil inet+tv klo ga inet+telpon, gimana gan?? apa paket single play udh ilang gan

  42. bang, kmrn sudah downgrade/migrasi paket ke telkom
    pagi ini tny keterangan dr telkomcare bulan juli tetap bayar yg 20mb, agustus baru prorata, bulan berikutnya baru sesuai paket ?
    kok ga sama ya dgn di artikel ?

    1. wah, aneh juga kak. beberapa rekan juga japri saya begitu. kebetulan saya bukan petugas telkom ny. saya hanya customer yang mau menyampaikan apa yang memang saya lakukan kak. ciussss

  43. Saya kemarin coba ke plaza telkom kok ga bs ya aneh banget di daerah kalimantan barat pontianak, katanya emang ga bisa ? jd sia2 nunggu hampir 1 jam

    1. waaaah, aneh nih. beberapa rekan japri saya juga banyak yang seperti itu kak. kalau gak bisa mungkin coba disable tv nya aja. jadi telepon sama internet aja. seharusnya bisa via telepon aja kak

  44. Kak, kalo mau cabut layanan internet harus cabut telepon rumah juga ya? Atau bisa hanya pake fasilitas telpon rumah tanpa internet dll

  45. bang, saya sudah downgrade pake jasa orang dr 3p ke 1p, tapi kok belum keubah y paketnya? masih 3p aja… bilangnya sih bulan depan yg mana itu besok/tgl 21. apa saya ketipu ya?

  46. Kak mau nanya nih kan saya paketnya internet sama telepon aja, kalo ilangin paket teleponnya aja bisa ga yah? Soalnya ga dipake

  47. Pengalaman saya…
    Udah 5 bulan langganan indihome 2P biaya 311 ribu.. biaya sewa STB cuma 20 ribu. Nah di bulan kemarin saya kontak cs indihome via twitter, saya minta turunin jadi 1P karena telepon gak pernah di pake.. Prosesnya lama harus beberapa kali follow up.
    Nah di bulan ini harga sudah turun jadi 285 ribu. Cuma yang ane heran kok biaya STB nya naik jadi 40 ribu wkwk
    Sama aja dong gada bedanya, cuma beda 25 ribu perak..

  48. Wah senasib,pengen ke 1p juga.
    Ngomong2 pas Dateng ke plaza Telkom bawa surat kuasa gk bang,soalnya indihome.nya atas nama bapak saya juga,saya anak.nya..hehehe
    Mohon pencerahan.nya
    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.