Gampang Banget, Downgrade IndiHome Internet Only

Sudah 3 bulan saya berlangganan IndiHome, 10Mbps. Sudah termasuk televisi berbayar, dan telepon. Sejauh ini, layanan berjalan dengan lancar, alhamdulillah. Belum pernah komplain. Semoga selanjutnya tetap stabil.

Yang jadi masalah, tagihannya ini lumayan. Sekitar 360 ribuan, sudah termasuk pajak. Tapi saya sendiri gak menikmati semua fitur yang ada. Saya hanya menggunakan IndiHome khusus untuk internet saja dirumah. TV dan telepon tidak pernah digunakan sama sekali, mubadzir begitu saja. Sementara, tagihan tetap 360 ribu-an. Lumayan banget menguras kantong.

Tetangga saya, kebetulan langganan IndiHome juga, pemasangannya hanya berbeda 1 hari dengan saya. Beliau sudah duluan untuk cabut layanan TV dan Telepon. Jadi hanya pakai internet saja, sementara itu saya belum. Beliau sudah mencabutnya sekitar masa bulan ke 2 setelah berlangganan.

Hari ini beliau mau bayar tagihan, minta tolong saya untuk bayarkan tagihannya, via online, karena kalau ke Alfamart. Males jalannya.

Okelah, saya bantu.

Ketika dicek, tagihannya cuma 278 ribu. Omaygosssssssssh….

Bedanya lumayan, hampir 100 ribu, saya bayar perbulan 360 ribu, beliau cuma 278 ribu. Saya pikir, cabut layanan TV sama telepon beda nya gak terlalu signifikan. Ternyata, lumayan banget!

Saya coba tanya prosedurnya bagaimana, ternyata harus datang ke Plasa Telkom. Disini bawaannya udah gak enak. Beberapa rekanan saya yang pakai IndiHome, bawaannya sewot kalo ke Plasa Telkom. Komplen internetnya gak bisa. Sudah berhari-hari belum ditangani. Alamat bakal denger orang banyak ngomel disana.

Tapi, demi 278 ribu, saya harus kesana! Semangat

Saya tinggal di Bekasi Barat. Kebetulan, Plaza Telkom terdekat dari rumah saya ada di Ruko Topaz, Summarecon Bekasi. Ini masih baru. Saya sering lewat, biasanya kalau CFD di Summarecon Bekasi. Mudah dijangkau dari rumah.

Alamat lengkapnya : Ruko TOPAZ Sumarecon Bekasi Blok.TC.A No.10-11 Jl. Boulevard Barat Bekasi. Kalau turun dari Jembatan Summarecon Bekasi, pas di Bunderan, bisa langsung belok ke kiri. Nanti disitu, sebelah kiri kelihatan.

Oh ya, adapun perlengkapan yang harus dibawa saat di Plaza Telkom untuk melakukan downgrade paket juga gak muluk-muluk banget, gampang :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga (Kalau bukan atas nama kamu, karena saya waktu daftar IndiHome atas nama orang tua)
  2. KTP/SIM (untuk verifikasi kalau itu kamu).
  3. Materai 6000 (Ini bisa dibeli di Plasa Telkom juga, harganya tetep 6000).
  4. STB TV IndiHome kamu + Remotenya + kabel-kabelnya (Ini yang warnanya item, yang bentuknya persegi, decoder TV yang ada tulisan IndiHome) untuk dikembalikan.

Untuk kamu yang di daerah lain. Mau cari info Plasa Telkom terdekat bisa ke tautan berikut : https://indihome.co.id/plasa-telkom.

Datang ke Plasa Telkom

Saya dateng ke Plasa Telkom sekitar jam set 11. Ketika datang kesana, ternyata keren!

Plasa Telkom Summarecon Bekasi

Pertama kali, saya disambut sama petugas keamanan, untuk ditanyakan keperluannya apa saja, kalau ditanya bilang saja “Downgrade paket“. Walaupun gak ramah amat. Terus diarahkan untuk ambil nomor antrian.

Saat ambil nomor antrian saya ditanyakan kembali mau ngapain. Downgrade paket, kata saya. Terus ditanyakan ID nomor pelanggannya berapa. Sebutkan saja. Lalu difoto. Barulah dapat nomor antrian.

Tempat Antriannya Keren, Cozy!

Saya dapat nomor antrian ke 47, sementara saat itu baru 38. Sekitar selisih 9 nomor. Saya pikir, bakalan nunggu lama ini. Helpdesk nya cuma 2 orang.

Celingak, celinguk cari tempat duduk. Ternyata tempat duduknya enak. Empuk. Sudah tersedia Televisi 40 inci lebih dan 2 PC. Bisa milih, bisa sambil nonton tivi full channel, bisa juga sambil browsingan di komputer. Gratis, cepat!

Saya menunggu sekitar 45 menit. Dan gak kerasa, karena sambil browsingan. Sambil nonton tivi juga. Full channel, dan cepat itu. Tiba saatnya, dilayani Helpdesk.

Proses Cepat!

Habis browsingan, nonton TV yang cepat dan Full Channel itu, rasanya udah PW. Gak mau beranjak. Tapi nomor antrian saya sudah dipanggil.

Kali ini saya dilayani, mbak-mbak. Cantik, berjilbab, ramah. Mungkin kalo orang ke sana niatnya mau komplain, bakalan gak jadi. Karena mbak-mbaknya ramah. Tapi, jadi harus jaga pandangan.

Saat dilayani, proses nya cepat, sat set bat bess..

Ditanya nomor langganannya berapa, serahin fotocopy KK dan KTP/SIM untuk difotocopy oleh mbaknya, serahkan STB/Decoder TV nya. Selesai, dan dijelaskan bahwa tagihan bulan ini hitunganya dihitung prorata. Dan tagihan bulan selanjutnya sudah menggunakan yang baru, 278 ribu/bulan. Sudah termasuk pajak. Alhamdulillah!

Maksudnya prorata dibulan ini, karena saya pengajuannya di tanggal 9 Juni, dan bayar tagihan bulan kemarin sekitar tanggal 1 Juni.

Jadi, 9 hari kebelakang itu masih menggunakan tarif lama. Hitungannya “TarifLama/9” dan hari berikutnya sudah menggunakan yang baru. Jadi “Tarifbaru/sisahari“. Dan dijumlahkan total keduanya.

Bukti Downgrade

So far, saya merasa puas dengan layanan Plasa Telkom. Fasilitas OK, CS juga OK. Semoga Telkom terus memberikan layanan yang terbaik untuk negeri ini.

Sebagai bentuk dukungan terhadap telkom, nanti senin. Di hari bursa, saya beli saham TLKM. Walaupun cuma 2/3 lot 😛

Semoga bermanfaat bagi kamu yang mau Downgrade layanan IndiHome untuk Internet Only ya.

3 thoughts on “Gampang Banget, Downgrade IndiHome Internet Only

  1. Bang, gw mau ganti paket juga sama kyak sampean. tapi remote STB ny hilang. itu konsekuensinya seperti apa? apa harus ganti rugi? Thanks

      1. Harusnya sih ngga usah ganti. Soalnya perbulan kita bayar biaya sewa 50rb. Logikanya misal udah langganan setahun, udah 600rb, bisa beli 3 STB tuh.

        Btw, Triple play 10MB-nya koq murah banget ya ? saya per bulan 480rb termasuk pajak.

        Bagus kantornya sepi, antri ngga lama, di Bandung kantor penuh banget, terakhir saya komplain koneksi, antri dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, sayang waktu… hahaha.

        Agan puas dengan telkom ya, kalau saya malah malas, udah muak. Saya pelanggan dari tahun 2004, kacau sistem telkom ini, dan mahal.
        1. Upload & download speed 1:10
        2. Ngga unlimited, ada FUP
        3. Mahal
        4. Pasang addon seenaknya tanpa persetujuan, tanpa konfirmasi, tagihan saya naik sampai 580rb waktu itu.
        5. Tidak sesuai perjanjian, sering ingkar janji.

        Bandingkan dengan ISP swasta, ISP lain itu true unlimited, speed 1:1, dan murah. Contoh biznet, 300rb dapet 50MB, benar unlimited. Perusahaan swasta biasanya SOP lebih ketat dan profesional.

        Saya ngga suka sistem indihome yang seenaknya, seperti kemarin Asian Games, speed pelanggan dikurangi setengahnya, katanya difokuskan untuk Asian Games, tapi tidak ada kompensasi apapun, bayar tetap sama, speed lambat kaya keong. 480 rb loh per bulan, bukan harga yang murah untuk speed lemot.

        Lalu per bulan ada biaya sewa ONT, biaya saya 50rb, dan katanya kalau rusak akan diganti baru, saat rusak ternyata tidak diganti, akhirnya saya beli sendiri online. Jadi banyak biaya2 aneh yang merugikan pelanggan sebenarnya.

        Tapi sayang di daerah rumah saya tidak ada pilihan ISP lain, kalau ada sih sudah pindah dari dulu. wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.