Menjalankan MySQL/MariaDB dan phpMyAdmin Secara Mudah dengan Docker

Saya kembali menggunakan openSUSE. Minggu ini, baru saja dan belum lama. Setelah kemarin memutuskan untuk beli SSD. Akibat rasa kangen yang tidak tertahankan untuk menggunakan openSUSE kembali. Saya bertekad. Beli SSD. Untuk belajar, banyak teknologi di openSUSE yang belum saya pelajari. Kubic nya, Transactional Updatenya, snapper dll.

Pemasangan aplikasi di linux pun sudah mulai disimplifikasikan. Dengan adanya packager semacam Flatpak, AppImage, Snap, dll. Semakin mudah untuk menjalankan aplikasi tanpa memikirkan distro linux yang digunakan. Semua sudah dikemas dalam bentuk sedemikian canggih.

Di bangku kuliah, saat ini saya sedang mendalami mata kuliah perancangan basis data. Di mana untuk belajar hal tersebut membutuhkan aplikasi DBMS MySQL dan phpMyAdmin.

Jika di windows, bisa menggunakan XAMPP atau sejenisnya. Di linux pun bisa menggunakan XAMPP. namun saya ini agak kurang sreg kalau harus pasang ini langsung di host/laptop. Library yang dibutuhkan bercampur jadi satu dengan sistem. Padahal belum tentu di pakai, dan jarang digunakan. Ketika di hapus atau di modifikasi. Konfigurasi host pun bisa ikut.

Jadi saya mencari apakah bisa memasang aplikasi namun terisolasi dari sistem host laptop. Ya tadi, bisa menggunakan flatpak, AppImage atau Snap. Hanya saja aplikasi semacam ini apakah ada di Flatpak, dll. Itu yang saya belum tahu.

Saya memutuskan untuk menggunakan docker, simple. bisa dijalankan, dan dihidupkan , bisa di remove, bisa di up kan kapan saja. Dan yang penting, konfigurasi bisa dipindahkan kapan saja tanpa perlu memikirkan struktur dari sistem operasinya. Menggunakan Docker Compose, dimana saya bisa multiple container dalam satu bentuk file .yml.

Dari sisi host, hanya dibutuhkan docker. Instalasinya bisa dicari di google. Docker tidak mengenal apa sistem operasi dari host yang digunakan. Yang penting adalah aplikasi di atasnya.

So, ini bisa jadi alternatif untuk menjalankan aplikasi semacam MySQL dan phpMyAdmin. Jadi saya cukup membuat docker-compose file sederhana. Dan menjalankannya. file docker compose nya sudah saya letakkan di GithubGists. Silakan diforking jika ingin dikembangkan, silakan diberi star jika membantu :D.

Docker Compose File untuk Menjalankan MariaDB dan phpMyAdmin:

Docker Compose File untuk Menjalankan MySQL dan phpMyAdmin:

Di bagian volumes, ada mencantumkan ./files:/files. Artinya saya membuat sharing folder antara container dengan host. Jika suatu saat ada kebutuhkan untuk dump .sql. file bisa ditaruh di tempat tersebut. Ini silakan disesuaikan dengan keinginan kamu :D.

Untuk menjalankan aplikasinya, cukup jalankan perintah berikut:

docker-compose up -d 

Sekarang, silakan coba buka mysql cli dengan perintah berikut:

docker exec -it mysql mysql -u root -p

Jadi, ini hasilnya:

Karena images mariadb dan phpmyadmin sudah terunduh, jadi saya tidak ada proses pulling image ke registry. sehingga proses build lebih cepat. Dan, container yang berjalan ada 2, yaitu mysql dan phpmyadmin:

docker-compose ps
Name Command State Ports
mariadb docker-entrypoint.sh mysqld Up 0.0.0.0:3306->3306/tcp
phpmyadmin /run.sh supervisord -n Up 0.0.0.0:8000->80/tcp, 9000/tcp

Oh ya, untuk membuka phpMyAdmin, cukup ketik url pada browser http://localhost:8000.


Nah, itu dia salah satu tips dari saya. Untuk menjalankan MySQL/MariaDB dan phpMyAdmin diatas docker. Silakan beri komentar jika ada kesulitan. :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.