Menghubungkan Keyboard Logitech K380 ke MacBook

Saya menyadari, keyboard macbook ini keyboard terbaik yang pernah saya rasakan setelah keyboard dari thinkpad seri X atau seri T. Kalau saya tes di 10fastfingers.com dan mood sedang bagus. Ketikan saya bisa mencapai 90 kata per menit.

Tidak terasa juga, sudah 2 tahun lebih saya menggunakan MacBook Air. Kemanapun selalu saya bawa. Baik hari kerja, maupun hari libur karena kesibukan saya yang mengharuskan bekerja dan kuliah di bidang komputer. Senjata saya ada 3; listrik, laptop, internet.

Kadang juga kalau tidak sempat buka laptop karena baterainya habis dan dalam situasi yang urgent dan mengharuskan saya untuk SSH. Saya terpaksa untuk buka SSH melalui handphone.

Namun, kekurangannya, tidak enak. Seriously. Karena kecepatan ketik saya tidak bisa leluasa. User experiencenya tidak terlalu enak karena ada beberapa simbol yang harus diketik namun agak susah untuk ditemukan di keyboard virtual android.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari keyboard yang bisa digunakan di beberapa komputer. Saya menemukan Keyboard Bluetooth Logitech K380. Beberapa keunggulannya dari keyboard ini adalah wireless menggunakan bluetooth dan bisa digunakan untuk multi device. Jadi saya bisa menggunakannya di Laptop dan Handphone. Mungkin untuk review nya bisa saya buatkan pada artikel terpisah.

Sebenarnya keyboard ini sudah lama saya inginkan sejak 18 bulan lalu. Namun baru kesempatan beli sekarang karena tabungannya baru ke kumpul :D. Itupun dari profit saham hehe.

Akhirnya keyboard ini saya gunakan di MacBook. Dan cukup nyaman untuk digunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan untuk setup keyboard Logitech K380 di MacBook:

Pertama kali, hidupkan keyboard dari K380 dengan menekan tombol disampingnya:

Selanjutnya tekan tombol F1 atau F2 atau F3 pada keyboard dan tahan selama beberapa detik. Maka keyboard akan berkedip.

Pindah ke laptop, buka Settings | Bluetooth. Tunggu sebentar, maka bluetooth akan mendeteksi perangkat. Dan jika sudah terdeteksi maka klik connect.

Selesai. cukup mudah kan? Itu untuk cara settingnya. Namun, untuk pertama kali biasanya di MacBook akan muncul pop up untuk kalibrasi dari keyboard, mendeteksi dari jenis keyboard yang akan digunakan.

Untuk hal ini kita bisa mengikuti wizardnya dengan menekan huruf di samping tombol shift kiri dan kanan. Untuk jelasnya silakan melihat slideshow berikut:

Dari wizard tersebut kita hanya perlu mnekan tombol Z (samping shift kiri), tombol ‘?’ (samping shift kanan). Dan keyboard siap digunakan.

Sekian dulu dari artikel ini, untuk tulisan review dari keyboard ini akan ditulis terpisah. Semoga bermanfaat gaes 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.