Mengatasi Zimbra Proxy Not Running Setelah Upgrade ke Zimbra 8.8.8

Minggu-minggu ini, menjelang lebaran. Saya sedang disibukkan untuk melakukan upgrade beberapa email server klien. Berbasis Zimbra. Diupgrade ke versi 8.8.8 Patch4. Tujuannya sendiri, menutup celah keamanan yang ada di versi sebelumnya. Beberapa klien yang menggunakan Zimbra Open Source Edition sukses diupgrade. Namun, ketika melakukan upgrade klien yang berbasis Zimbra NE, sialnya menemukan sedikit kendala. Di mana terdapat pesan error berikut :

Starting proxy…Failed.
Starting proxy…nginx: [emerg] unknown directive “mail_login_ip_imap_max” in /opt/zimbra/conf/nginx/includes/nginx.conf.mail:142
failed.

Jika menggunakan metode LMGTFY (Let Me Google That For You) ada juga yang memiliki kendala yang sama seperti yang saya alami. https://forums.zimbra.org/viewtopic.php?t=63574. Hanya saja waktu itu belum terpecahkan masalahnya.

Untungnya, klien tersebut menggunakan Zimbra NE, ada salah satu benefit yang sangat membantu. Kalau sudah mentok, bisa open ticket ke Support Zimbra. Karena sudah bingung, saya memutuskan untuk open ticket ke Support Zimbra mengenai masalah diatas.

Setelah dicek oleh salah satu engineer Zimbra. Ternyata, masalah tersebut terjadi karena paket zimbra-nginx yang corrupt, md5 nya tidak sesuai.

Ini yang salah

root@mail:~# md5sum /opt/zimbra/common/sbin/nginx 
6abb9b1776793e786fd011dd193ff6aa /opt/zimbra/common/sbin/nginx

Ini yang benar (Jika dicek dari server test)

root@mail:~# md5sum /opt/zimbra/common/sbin/nginx
ac7e9f1747b651a91421b01fd07e4f5c /opt/zimbra/common/sbin/nginx

 

Jadi, solusinya adalah melakukan pemasangan ulang paket zimbra-nginx. Sebelum itu, move terlebih dahulu binary nginx nya.

root@mail:~# mv /opt/zimbra/common/sbin/nginx /opt/zimbra/common/sbin/nginx_OLD
root@mail:~# apt-get install --reinstall zimbra-nginx

 

Cek kembali md5sum nya apakah sudah sesuai :

root@mail:~# md5sum /opt/zimbra/common/sbin/nginx
ac7e9f1747b651a91421b01fd07e4f5c /opt/zimbra/common/sbin/nginx

 

Terakhir, hidupkan ulang service Zimbra Proxy :

root@mail:~# su - zimbra
zimbra@mail:~$ zmproxyctl restart

 

Dan cek kembali apakah Zimbra Proxy sudah berjalan, gunakan netstat :

root@mail:~# netstat -ntpl | grep nginx
tcp 0 0 0.0.0.0:443 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
tcp 0 0 0.0.0.0:993 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
tcp 0 0 0.0.0.0:995 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
tcp 0 0 0.0.0.0:110 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
tcp 0 0 0.0.0.0:143 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
tcp 0 0 0.0.0.0:80 0.0.0.0:* LISTEN 11562/nginx.conf
root@mail:~# netstat -ntpl | grep java
tcp 0 0 0.0.0.0:7025 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 159.65.14.98:34870 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7993 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7995 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:8443 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:8735 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7071 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 159.65.14.98:8736 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7072 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7073 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 127.0.0.1:7171 0.0.0.0:* LISTEN 17279/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7110 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:7143 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java
tcp 0 0 0.0.0.0:8080 0.0.0.0:* LISTEN 27202/java

Sip, akhirnya spaneng ilang. Bisa istirahat dengan nyenyak. Bay de wey, jika ada kebutuhan lisensi Zimbra Network Edition bisa kontak ke sales@excellent.co.id :-D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.