Mencatatat Pengeluaran dengan Aplikasi Money Lover

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menuliskan bagaimana saya mencatat apa saja yang saya kerjakan menggunakan Trello. Artikel nya bisa dibaca di sini. Di artikel pula ini saya sering menjelaskan, bahwa sangat penting mencatat apa yang dilakukan dan melakukan apa yang dicatat.

Salah satu hal penting dari kegiatan tersebut adalah mencatat arus keuangan pribadi. Ini bisa dibilang sangat penting. Manfaatnya adalah kita dapat melakukan review pada setiap bulannya. Agar dapat memaksimalkan pemasukan yang ada.

Masalah yang kerap dihadapi oleh pekerja seperti saya ini. Pemasukannya sekali, pengeluarannya berkali-kali. Terkadang baru tanggal berapa, uangnya ludes entah ke mana, tidak tercatat. Ini yang tidak bisa dibiarkan oleh saya.

Jadi saya memutuskan untuk mencatat apapun yang masuk ke arus keuangan saya pada sebuah aplikasi. Dalam hal ini, aplikasi yang saya gunakan adalah Money Lover.

Sebelum menggunakan Money Lover saya sudah coba pakai aplikasi lain yang bisa dibilang sederhana. Namun ada beberapa yang kurang menurut saya. Sehingga saya memutuskan untuk mencari aplikasi lain. Dan ketemulah Money Lover ini. Yang menurut saya paling ok.

Money Lover terdiri dari 2 versi, Free dan Premium. Awalnya saya mencoba yang free, hanya punya 1 wallet. Dan ternyata sangat membantu. Ternyata setelah dilihat untuk versi premium nya ini cukup sekali beli. Sekitar 99ribu rupiah. Wah. murah menurut saya, sehingga saya memutuskan untuk beli. Dan ternyata keren! sangat membantu gaes! Dan saya sekarang sudah move on sepenuhnya untuk mencatat keuangan saya dengan Money Lover sejak 3 bulan terakhir.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Money Lover versi saya:

Kelebihan:

  1. Fleksibilitas, Money Lover dapat digunakan pada beberapa versi seperti Android, iPhone, dan Web Browser) pada web browser fitur yang kita dapat menurut saya tidak selengkap yang ada di Android/iPhone. Menurut saya di Web Browser ini sepertinya ditujukan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan saja. Tapi tidak bisa mengatur wallet, dsb.
  2. Goal Wallet, goal wallet ini dapat membantu kita dalam melakukan perencanaan keuangan. Contoh paling gampang, jika kita ingin memiliki tabungan 35 juta dalam 1 tahun. Goal wallet akan memberi tahu kita berapa uang yang harus kita tabung dalam jangka waktu tersebut.
  3. Terintegrasi dengan beberapa bank. Aplikasi ini dapat kita integrasikan juga dengan rekening bank yang kita punya. Sehingga kita tidak perlu melakukan input manual jika ada pengeluaran/pemasukan pada tabungan rekening. Namun baru beberapa Bank Indonesia yang bisa. Seperti Bank Mandiri, BCA, dan BRI.
  4. Crypto Wallet. Selain bank, money lover juga bisa diintegrasikan dengan akun cryptocurrency yang kita miliki.
  5. Budgets. Budget dapat membantu kita menentukan batas maksimal yang dapat kita gunakan setiap bulannya. Biasanya ini saya lakukan untuk membatasi jajan saya. Nanti Money Lover akan memberikan kita peringatan jika budget untuk jajan sudah sampai habis
  6. Bills Feature. Bills feature digunakan biasanya untuk membayar transaksi yang berjalan setiap jangka waktu tertentu. Mirip seperti recurring transaksi. Biasanya saya gunakan untuk membayar tagihan. Dengan bill, kita tidak perlu memasukan berapa nilai pengeluaran. Namun, kita cukup menekan saja tombol Pay, Secara otomatis ia akan memotong dari tabungan kita.
  7. Travel Mode. Dengan travel mode, kita bisa mengetahui secara jelas berapa pengeluaran dan pemasukan yang kita lakukan saat waktu travelling tsb
  8. Report yang bagus. Ini yang paling saya senangi, dari money lover, reportnya lumayan keren karena berbentuk diagram lingkaran. Kita bisa tahu pengeluaran apa yang paling besar.
  9. Dan masih banyak

Kekurangan:

  1. Belum ada menu Investasi seperti saham, reksadana, dll
  2. Kategorinya masih independen dan manual. Jadi misalkan kita mempunyai kategori Bills di wallet A. Maka kita harus manual buat kategori bills juga di wallet B.
  3. Fitur di web belum terlalu lengkap seperti di Android/iOS

Sejauh ini baru itu yang ditemukan. Nanti insyallah saya akan buat artikel terpisah mengenai pemanfaatan fitur dari money lover. Tunggu di tulisan selanjutnya ya gaes :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.