Membuat Workspace pada Opera

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja memperbarui aplikasi peramban (browser) yang saya gunakan sehari-hari. Yaitu Opera. Lho kok, kayak yang di hape-hape itu “Opera Mini“? bagi Anda yang dahulu pernah pakai symbian mungkin tahu apa itu Opera Mini.

Sudah beberapa bulan ini saya memilih opera sebagai pilihan aplikasi peramban sehari-hari. Banyak alasannya, di mulai dari fitur bawaan dan plug-in tambahan yang banyak dan bermanfaat. Yang paling penting, gak makan sumber daya komputer banyak.

Saya sempat menggunakan peramban lain seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Vivaldi, dll. Namun sampai saat ini masih jatuh hati ke Opera.

Oke, jadi karena kemarin baru perbarui si peramban ini. Ternyata saya menemukan satu fitur baru yang sangat membantu untuk saya. Namanya Workspace.

Yes, Workspace. Seperti namanya, Workspace digunakan untuk memisahkan setiap web yang kita buka sesuai dengan tempatnya sehingga lebih rapih dan teratur.

Dibawah ini tampilan jika kita hanya menggunakan 1 buah tampilan peramban saja.

Bisa dilihat, semua tab-tab yang ada pada bagian atas bercampur baur. Terkadang bisa membingungkan apabila kita sedang sering-sering pindah website yang diakses.

Nah, tujuan dari workspace adalah memisahkan setiap yang dibuka agar lebih mudah diakses. Sebagai contoh saya ingin mempunyai workspace berikut:

  1. Workspace “Work” yang berisi daftar aplikasi web perihal pekerjaan kantor
  2. Workspace “Learning” yang berisi daftar aplikasi web perihal baca-bacaan yang ditujukan untuk pelajaran pribadi
  3. Workspace “Private” yang berisi daftar aplikasi web pribadi seperti internet banking, sosial media, dll.

Dengan adanya workspace tersebut kita dapat dengan memudah mencari di mana lokasi aplikasi tersebut berada.

Untuk membuat sebuah Workspace kita dapat mudah mengikuti langkah berikut:

  • Klik tanda 3 pada sidebar kiri Opera, hidupkan Workspace dan tambahkan workspace dengan klik “Add more

Nah, sebagai contoh saya telah membuat 3 workspace seperti di atas. Jadi, ketika saya ingin melihat aplikasi yang berisi perihal Ngantor, saya cukup klik workspace Ngantor, atau kalau ingin membuka aplikasi/tab perihal pelajaran, saya cukup klik workspace Learning, dll.

Workspace

Semoga dapat membantu ya, gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.