Kerja Sarungan

Kemarin, Jum’at 20 Maret 2020. Pertama kalinya PT Excellent Infotama Kreasindo mengadakan #KerjaDariRumah. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi penyebaran dari virus Corona yang bisa menyebabkan munculnya wabah/penyakit #COVID19.

Yeps, #COVID19 ini memang sudah banyak membawa dampak bagi masyarakat. Salah satu saudara saya terpaksa dirumahkan (re: diberhentikan) dari tempat kerjanya di salah satu hotel karena sepinya pengunjung. Kegiatan belajar mengajar adik-adik saya pun terpaksa harus dilakukan di rumah untuk mengurangi penyebaran wabah ini. Begitupun di dunia industri. Bagi yang memungkinkan untuk #KerjaDariRumah, sebaiknya dilakukan dari rumah. Di satu sisi saya senang karena bisa bekerja di rumah. Merasakan layaknya freelancer atau remote worker bekerja. Di satu sisi saya sedih karena masalah yang disebutkan di atas.

Terlepas dari hal di atas. Saya merasakan #KerjaDariRumah ini seru (Mungkin karena baru pertama kali). Apalagi di dunia teknologi informasi jarak bukanlah sebuah halangan. Rapat tidak harus dari jarak dekat. Kita bisa menggunakan aplikasi Online meeting seperti Zoom, WebEx, Google Hangout dan sejenisnya. Kalau kata Pak Boss selagi punya laptop, internet dan listrik insyaallah semua aman.

Saya pribadi sangat senang karena ini kesempatan yang jarang. Memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada supaya bisa lebih produktif. Yang biasanya kerja harus dengan kemeja atau celana bahan. Sekarang saya bisa kerja sambil sarungan hehe. Kebiasaan saya di rumah memang sarungan. Jadi ya harap maklum 😀

Kerja Sarungan

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak serta merta meskipun #KerjaDariRumah bisa seenaknya leha-leha/bersantai. Bersantai boleh, tapi apabila masih ada pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Sebaiknya diselesaikan, Pak Boss bilang Gentleman Agreement.

Efek #KerjaDariRumah ini akhirnya saya memutuskan untuk memperbarui ruangan kamar agar lebih produktif dengan cara mengecat ruangan. Sudah beberapa bulan memang kamar saya belum di cat dengan alasan “cat belum terlalu penting”, yang penting bisa buat tidur.

Akhirnya saya memutuskan untuk mempekerjakan saudara yang baru diberhentikan tadi untuk mengecat ruangan. Paling tidak agar ia mendapat tambahan sedikit meskipun tidak bekerja. Namun, cerita tersebut bukan bermaksud untuk riya melainkan sekedar berbagi pengalaman saja.

Hasilnya, keren dan bagus! Sehingga saya lebih bisa fresh karena ruangan saya lebih cerah dari sebelumnya.

Sebelum dicat
Sesudah dicat

#COVID19 memang menyeramkan, namun saya sendiri merasa belum bisa apa-apa untuk membantu orang yang terkena dampak dari wabah ini. Dengan #KerjaDariRumah paling tidak sedikit membantu tenaga medis untuk mengurangi beban pasien yang terus bertambah dan mengurangi penyebaran virus lebih jauh.

Do’a saya dan umumnya Rakyat Indonesia pasti sama, semoga wabah ini cepat berlalu, semoga bagi yang terkena wabah ini segera disembuhkan dan duka saya selalu menyertai bagi yang meninggal terkena wabah ini. Stay Strong, Stay Safe and Stay at Home!.

Terima kasih pak boss dan Excellent, sudah mengizinkan kerja di rumah!

5 thoughts on “Kerja Sarungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.