Kebablasan Main HP? Atur Penggunaan Aplikasimu Pakai Ini!

Salah satu yang bikin saya males dan gak produktif adalah saat lagi bosen biasanya saya coba main Handphone, dengan harapan bisa menghilangkan bosen itu. Niatnya sih, sebentar. Paling 10-15 menit.

10-15 menit ya (katanya).

Pernah waktu itu saya pas malam-malam habis pulang kampus sekitar jam 10. Niatnya mau langsung mandi, namun karena badan keringetan. Jadi saya harus nunggu dulu agar keringatnya hilang. Sambil menunggu keringat hilang saya coba main HP sekitar 10-15 menit. Buka YouTube/Instagram. Pas lihat jam, jarum pendek sudah diangka 12.

Hiyaaaaah, ambyar!. Bablas waktu, merusak disiplin saya juga ini mah. Niatnya mau mandi, terus tidur. Malah jadi tidur kemaleman, gak mandi juga.

Finally, waktu itu buka pengaturan HP Xiaomi. Ternyata di pengaturan tersebut ada namanya “Digital Wellbeing“. Coba aja kalau kamu pakai xiaomu buka di Settings -> Digital Wellbeing & Parental Controls.

Fitur ini sebenarnya bukan bawaan Xiaomi, semua vendor handphone pasti punya, tinggal disesuakai dengan vendor masing-masing.

Digital Wellbeing adalah salah satu fitur yang dirilis google untuk mengontrol dan mengetahui statistik perihal penggunaan gadget kamu. Dengan fitur ini saya bisa lihat aplikasi apa saja yang sering digunakan. Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama dan mungkin tidak asing. Namun sejak di Android Pie ada penambahan banyak fitur yang cukup membatu seperti Do Not Disturb, Screen Timer, dll

Digital Wellbeing juga cocok juga bagi orang tua yang hendak membatasi anak agar tidak keseringan bermain handphone. Termasuk saya, yang batal mandi karena main handphone terlalu lama. Bagaimana caranya?

Buka Settings -> Digital Wellbeing & Parental Controls.

Digital Wellbeing Menu

Pilih menu Dashboard.

DW Menu

Nah, setelah itu akan muncul banyak aplikasi. Pilih aplikasi yang hendak kamu batasi. Contohnya bisa YouTube, Instagram. Dalam hal ini saya coba untuk membatasi YouTube.

Aplikasi

Pilih ikon jam pasir sebelah kanan yang ada pada aplikasi YouTube. Nah sekarang kamu tentukan waktu yang hendak ditentukan. Misal dibatasi maksimal pemakaian sehari selama 2 jam.

Timer

Nah, selesai deh. Sekarang selama sehari kamu hanya bisa menggunakan YouTube selama 2 jam. Nantinya, kalau kamu sudah melampaui batas, aplikasi tersebut akan terhenti. Dan ikon pada aplikasi akan berwarna abu-abu. Seperti berikut:

Aplikasi Berhenti

Bagaimana, mudah kan? paling tidak dengan fitur ini kamu bisa terbantu untuk mengatasi rasa malas karena bablas main gadget. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.