Dockerfile Sederhana untuk Memasang asciidoctor-pdf

Beberapa hari ini, saya sedang mengembangkan skrip otomatis instalasi setup layanan Excellent Managed Services Email Server supaya lebih pintar. Salah satunya adalah membuat informasi aktivasi yang berisi informasi username dan password terhadap server yang telah disetup menjadi otomatis.

Biasanya, informasi aktivasi dibuat secara manual, membuka file berformat LibreOffice. Dan mengubahnya sesuai informasi klien. Memang sebenarnya pembuatannya tidak lama. Namun, kekhawatiran yang terjadi adalah, sering kali ada poin yang harus diedit, namun tertinggal.

Untuk menghindari hal tersebut, saya coba otomatiskan. Menggunakan file berformat Asciidoc (adoc). Asciidoc ini sama seperti Markdown. Yaitu, sebuah format markup bahasa yang ringan. Dapat di edit menggunakan teks editor biasa dan di mana saja.

Menurut saya pribadi, asciidoc ini penggunaannya lebih mudah dibanding dengan markdown (ini sih pribadi). Tapi kalo Anda biasa main git dan sudah terbiasa markdown. Ya rapopo… 😀

Di GitHub/GitLab pribadi saya pun, saya mengalihkan dari format markdown ke asciidoc. Yang lebih fleksibel menurut saya.

Asciidoctor

Jadi asciidoc ini sebuah format dokumen nya (.adoc/.asciidoc). Asciidoctor adalah sebuah alat untuk menjembatani agar format asciidoc ini dapat dikonversi ke format lain, seperti PDF, EPUB, dll.

Asciidoctor tidak terbatas oleh sistem operasi, dapat diinstal di sistem operasi manapun. Hanya saja, membutuhkan dependensi dan library yang lumayan banyak, seperti ruby. Opal (javascript), dll.

Namun, karena sekarang sudah jamannya container. Anda juga bisa memasang si asciidoctor ini ke dalam container sehingga asciidoctor ini dapat terisolasi tanpa harus membuat sistem host berantakan. Ini yang akan dibahas pada panduan ini.

asciidoctor-pdf

Nah, salah satu bagian dari Asciidoctor adalah asciidoctor-pdf. asciidoctor-pdf adalah alat yang tujuannya mengkonversikan format asciidoctor menjadi PDF. ada lagi asciidoctor-epub, tujuannya untuk mengkonversikan ke epub. dll.

Saya biasanya hanya menggunakan asciidoctor-pdf saja. Belum pernah coba yang lain. Kalau Anda mau coba, silakan :D.

Berikut script Dockerfile sederhananya. Silakan dilihat di github saya yakss:

https://github.com/dhenandi/docker-asciidoctor-pdf

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.