Blok Email Berdasarkan Top Level Domain Pada Proxmox Mail Gateway

Salah satu hal yang sering dihadapi oleh Administrator Email adalah banyaknya spam. Akibatnya pengguna-pengguna email menjerit dan komplen kepada administrator kenapa banyak sekali email spam.

Salah satu jenis spam yang ada biasanya, email tersebut datang dari domain yang mungkin jarang kita berkomunikasi. Contohnya domain .ga, .cf, .ru, dll.

Terkadang mungkin bisa jadi false positive. Namun, menurut saya. jarang sekali ada perusahaan yang memakai top level domain seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Biasanya perusahaan menggunakan top level domain seperti .com, .co.id, .co, .go.id (untuk instansi pemerintahan) atau domain valid semacamnya.

Mengapa demikian, berdasarkan spamhaus, berikut adalah beberapa domain yang terindikasi sering menyebarkan spam https://www.spamhaus.org/statistics/tlds/. Untuk itu, kemungkinan akan lebih besar email spam masuk dibanding email valid.

Jadi, daripada antispam diberi tugas lebih berat karena harus mengecek email dari top level domain tersebut spam atau bukan. Kita bisa memilih alternatif dengan cara memasukkan kiriman-kiriman email tersebut ke quarantine, sehingga ketika ada email yang valid akan tetap bisa kita kirimkan.

Berikut adalah contoh pembuatan rule untuk memblok email dari top level domain tertentu:

Masuk ke Proxmox Mail Gateway Dashboard: https://ip.proxmox.mail.gateway:8006

Pada bagian Who Object | Pilih Create untuk membuat kategori baru, contoh saya akan memberi nama “TLD Domain Spam“, kemudian create.

Create Who Object Category

Kemudian, pada kategori yang telah kita buat. Pilih Add untuk menambah domain yang akan di blok. Pilih berdasarkan Regular Expression. Dan masukkan dengan format berikut: “.+.(link|click|topleveldomain)“. Berikut contohnya:

Block Top Level Domain

Untuk objek yang telah kita buat, kita juga bisa mengecek apakah sudah valid atau belum di bagian Test String, kita bisa memasukkan contoh sender dengan top level domain yang di blok, misal spam@spammer.ga. Berikut adalah hasil tes nya:

Contoh Test

Jika sudah, masuk ke Mail Filter yang ada di bagian atas, dibawah menu dashboard. Buat rule baru dengan contoh sebagai berikut:

Buat Mail Filter Rule

Kemudian, klik pada rule yang telah dibuat, masukkan objek yang kita gunakan sesuai dengan sebelumnya.

Action: Quarantine
From: TLD Domain Spam

Mail Filter Rule

Selesai, selamat mencoba!

Catatan:

  • Materi ini adalah salah satu materi yang ada pada buku Proxmox Mail Gateway bahasa indonesia terbitan Excellent Publishing. Insyaallah akan terbit sebelum kuartal pertama 2019.
  • Jika kamu tertarik untuk berlangganan lisensi support & subscription Proxmox Mail Gateway, silakan email ke sales@excellent.co.id. Kami akan memberikan harga terbaik untuk kamu :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.