Block Website Berdasarkan Kategori Menggunakan Untangle

Seringkali, sebagai network administrator atau system administrator kita menerapkan sebuah rule pada jaringan terhadap user. Salah satunya adalah menerapkan pemblokiran website guna meningkatkan produktivitas kerja.

Contoh rule yang paling mudah adalah kita hendak melakukan pemblokiran terhadap sebuah website yang berbau dengan berita. Kerap kali user tidak fokus kerja membaca berita di waktu kerja. Akhirnya atasan menyuruh kita untuk memblokir website-website berita.

Dengan firewall tradisional kita dapat dengan mudah memasukkan rule tersebut dengan membuat salah satu chain “destination” untuk suatu website dengan action “Block”. Sangat mudah, bukan?

Namun, Perlu diketahui, website portal berita sangat banyak di dunia ini. Tidak hanya 1. Ratusan, jutaan, bahkan lebih. Dari yang mulai abal-abal sering nyebarin hoax sampai bonafid. Anda yakin? Ingin input satu persatu?

Kuno! Move On Gaes

Ya, itu sudah kuno. sangat kuno. Lalu solusinya bagaimana?

Gunakan Next Generation Firewall yang memiliki fitur untuk Web Filtering. Salah satunya yang saya coba adalah Untangle Next Generation Firewall. Untangle Next Generation Firewall sangat mudah untuk digunakan. Banyak keunggulannya. Salah satunya adalah pengkategorian terhadap website.

Kita dapat memblokir atau menandai user yang mengakses suatu website berdasarkan kategorinya. Namun juga bisa melakukan sebuah pengecualian. Contoh: Misal Anda ingin memblokir suatu website yang berhubungan dengan seksual, namun memperbolehkan website dengan kategori pendidikan seksual.

Mengapa demikian? pada aplikasi Web Filter yang Untangle sediakan memiliki fitur real-time classification yang dapat mengkategorikan website sesuai dengan kategorinya. Untangle bekerja sama dengan zvelo yang menyimpan banyak database mengenai kategori website.

Bagaimana saya bisa mencobanya?

Anda bisa menggunakan Fitur Web Filter yang tersedia pada Untangle. Saat pertama kali install Anda mendapat ujicoba gratis selama 14 hari. Jika tertarik Anda bisa membeli lisensinya.

Konfigurasinya cukup mudah.

  • Masuk ke web administrasi Untangle, dan pasang aplikasi Web Filter pada menu Apps.
  • Masuk ke Aplikasi Web Filter | Pilih Tab Categories
  • Silakan pilih kategori yang ingin Anda Blok atau tandai.
Contoh Blok Kategori
  • Dalam hal ini kategori yang ditandai adalah website dengan kategori news atau berita. Apapun website yang berkaitan dengan news akan di blok.
  • Pilih Blok untuk memblokir kategori website, Pilih Flag untuk menandai user/sumber yang mengakses website tersebut.
  • Untuk memastikan website tersebut memiliki kategori news bisa masuk pada menu Site Lookup dan silakan masukkan website yang hendak dicek kategorinya.
  • Anda juga bisa membuat pengecualian terhadap suatu kategori yang telah di blok. Silakan masuk ke menu Pass Sites, masukkan website yang hendak dilewatkan.

Cukup mudah bukan? Sangat mudah 😀 Tidak perlu capek capek untuk blokir satu persatu website.

Catatan:

  • Materi ini adalah salah satu materi yang ada pada buku Next Generation Firewall Berbasis Untangle. Jika tertarik, Anda bisa mendapat kan ebook nya pada tautan Google Play. Dan jika lebih tertarik dengan versi cetak bisa mendapatkannya di Tokopedia dan Bukalapak.
  • Jika Anda juga tertarik untuk membeli lisensi Untangle NGFW, jangan ragu untuk menghubungi sales@excellent.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.