Beberapa Tips untuk Mengembalikan Data di Linux

Bulan ini ada salah satu data di production server yang hilang. Ini sangat menampar saya, bagaimana pentingnya backup terhadap sistem. Menyesal, itu yang hanya bisa dirasakan. Data sudah terlanjur lenyap.

Tapi, meratapi penyesalan bukan sesuatu yang bisa menyelesaikan masalah. Harus ada pertanggungjawaban ke pemilik data yang bersangkutan. Kita beruntung, jika pemilik data tersebut memaklumi kesalahan. Namun, tetap saja. Sebisa mungkin data tersebut harus bisa dikembalikan.

Di linux ada beberapa alternatif aplikasi yang dapat mengembalikan data. Walaupun tidak seluruhnya. Tapi Do’a saya untuk para pengembang aplikasi ini. “Semoga urusannya dipermudah”.

Berikut adalah beberapa alternatif recovery data di linux, dan aplikasi ini Open Source:

Testdisk

Testisk adalah perangkat lunak untuk melakukan recovery data yang gratis (Open Source). Testdisk memang dirancang khusus untuk mengembalikan data dan partisi yang hilang. Dan lebih hebatnya lagi, bisa mengembalikan hardisk yang tidak bisa booting, menjadi bisa booting kembali yang dikarenakan oleh virus tertentu atau human error.

Berikut beberapa keunggulan dari testdisk:

  1. Memperbaiki tabel partisi, dan partisi yang telah dihapus
  2. Memulihkan boot sectore FAT32
  3. Memperbaiki table partisi FAT
  4. Membangun ulang boot sector NTFS
  5. Mengembalikan boot sectore dari NTFS
  6. Mencari superblock dari partisi yang menggunakan ext2, ext3, ext4
  7. Hapus file dari FAT, exFAT, NTFS dan filesystem ext2
  8. Menyalin file dari partisi FAT, exFAT, NTFS dan ext2 / ext3 / ext4 yang telah dihapus.

Selain itu, TestDisk memiliki fitur untuk pemula dan advance. Bagi kita yang hanya mengetahui sedikit atau tidak sama sekali tentang teknik pemulihan data, TestDisk dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi rinci tentang hardisk non-boot untuk analisis lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut dan penggunaan, silakan merujuk pada tautan berikut: https://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk

EXT4magic

Ext4magic adalah sebuah tool khusus untuk melakukan recovery data terhadap partisi ext3 dan ext4. Tidak bisa digunakan untuk partisi jenis lain.

Keunggulannya, ext4magic bisa memulihkan sebuah data sesuai dengan hirarki partisi yang ada. Dan, alhamdulillah beberapa data bisa diselamatkan dengan ext4magic ini.

Selain itu, ia juga bisa membaca data yang terhapus berdasarkan inode dan melakukan restore data berdasarkan tanggal tertentu. Jadi semakin keren.

Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi tautan berikut: http://ext4magic.sourceforge.net/ext4magic_en.html

EXT4undelete

Ext4Undelete ini hampir sama dengan ext4magic, tidak jauh berbeda. Ext4undelete digunakan untuk melakukan recovery data terhadap hardisk dengan tipe ext4 atau ext3. Teknik yang digunakan adalah mengambil informasi yang disimpan pada journal partisi linux untuk memulihkan data yang telah dihapus.

Untuk info dan penggunaan lebih lanjut silakan kunjungi tautan berikut : http://extundelete.sourceforge.net/

Photorec

Photorec adalah aplikasi yang diproduksi oleh pengembang yang sama oleh testdisk, dan digabung menjadi satu oleh testdisk untuk installernya.

Perbedaannya, photorec dilkhususkan untuk menyelamatkan data saja. Tidak bisa mengembalikan partisi yang hilang seperti testdisk. Namun aplikasi ini bisa dibilang, menurut saya. Tingkat kemungkinan pengembalian datanya sangat besar. Karena beberapa data yang hilang bisa dikembalikan dengan aplikasi ini. Walaupun nama dan hirarki foldernya tidak sesuai.

Untuk info dan penggunaan lebih lanjut silakan kunjungi tautan berikut : https://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec

Kesimpulan

Aplikasi tersebut memang bisa menjadi alternatif untuk kita apabila ada data yang sudah terlanjur hilang. Namun, tidak menjamin 100% data bisa kembali seperti sediakala.

Maka dari itu, sebagai pengelola sistem, ada baiknya kita memperhatikan backup sistem. Karena jika sudah terlanjur terhapus. Hanya akan ada penyesalan dan kesal dengan diri sendiri :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.