Analisa Email yang Lambat dengan Google Suite Toolbox

Beberapa waktu yang lalu, saya mendaftar di suatu situs yang membagikan ebook yang berisi ilmu-ilmu seputar teknologi. Setelah melakukan pendaftaran, ebook akan dikirim melalui email. Hanya saja, setelah beberapa jam email tersebut tidak kunjung datang. Setelah 3 jam saya baru mendapat email tersebut.

Waktu yang cukup lama untuk pengiriman sebuah email. Terlepas dari saya unduh yang gratisan, saya memaklumi (Udah dikasih gratis komplen lagi) karena ebook tersebut sangat berguna bagi saya. Namun, hal ini seharusnya tidak boleh terjadi apabila kita menangani sebuah email server di perusahaan. Biasanya di beberapa perusahaan yang setiap harinya bisa aktif di email tidak menginginkan adanya delay email karena berkaitan dengan bisnis perusahaan. Semakin delay, akan semakin terganggu pekerjaannya.

Jika menemukan kendala tersebut, sang IT harus mencari tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi. Nah, yang bisa dilakukan adalah mengecek message header secara langsung.

Buat yang belum tahu message header apa, itu adalah semacam umbi-umbian. eh bukan. Jadi message header adalah sebuah format teks pada email yang berisi informasi mengenai bagaimana email tersebut dikirimkan, yaitu berupa server mana saja yang dilalui, jam, pengirim (from), penerima (to) maupun segala macamnya.

Bagaimana cara mengetahui message header?

Message header sangat mudah untuk kamu temukan, dalam hal ini misalkan saya menggunakan GMail, kamu bisa klik pada email yang kamu ingin cek | Pada bagian pojok kanan ada semacam menu berbentuk titik 3 mendatar kebawah. Saya lupa namanya apa. Ah, entahlah 😀 (Cek aja gambar dibawah). Pilih Show Original.

Kalau kamu pakai platform email lain silakan disesuaikan ya. Berikut mungkin referensi yang bisa digunakan untuk cara melihat header email pada platform lain.

Nah, hasilnya seperti ini kura-kura. Eh kira-kira.

Gimana? Puyeng ini apaan? kalau cuma kode begini gimana analisanya?

Tenang, banyak website penyedia analisa header. Salah satunya ada MX Toolbox. Untuk penggunaan nya bisa mengecek website teman saya. Fajar Mukharom. Nah, Google juga punya lho. Namanya Google Suite Toolbox.

Namun, secara prinsip untuk pemilihan webiste untuk pengecekan itu sesuai selera. Bisa pakai mxtoolbox, bisa pakai punya google juga. Kebetulan langkah yang akan saya informasikan pada artikel ini adalah menggunakan Google Suite Toolbox.

Silakan masuk ke tautan berikut: https://toolbox.googleapps.com/apps/messageheader/. Kemudian salin semua teks yang ada pada message header yang sudah kita lihat tadi. Klik Analyze The Header Above

Nah, nanti akan muncul seperti berikut:

Nah, dengan demikian kita bisa lihat. Terdapat delay 4 menit (Tergantung dari header kita) dari mailxxx.m***.net ke mx.google.com. Hal ini ada beberapa kemungkinan.

Problem lambatnya karena dari sisi m**v lambat. Atau dari google nya lambat diterima. Tapi biasanya google mail ini mutlak. ndak bisa salah :D. Tinggal disesuaikan saja sesuai output yang kamu terima.

Nah, begitulah kurang lebih caranya. Mudah kan? Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian :-).

Iklan: Jika teman-teman mengalami kendala pada email. Silakan kunjungi website https://www.excellent.co.id atau hubungi sales@excellent.co.id, kami memiliki banyak solusi untuk kendala yang ada pada email server kamu terutama Zimbra :-).

Note: Jika ada pihak yang merasa kurang nyaman karena alamat email nya tertera pada gambar message header silakan japri saya. Kebetulan ini diambil hanya sebagai contoh :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.