71 Soal Algoritma Dasar Kodenesia Bagian 1: Algoritma Sederhana FizzBuzz

Hari Sabtu kemarin, tepatnya 27 Oktober 2018. Saya menghadiri acara “FLOSS untuk Indonesia”. Acara ini adalah salah satu bentuk penggalangan dana untuk para korban gempa di palu.

Banyak sekali yang bisa pelajaran dan oleh-oleh yang dapat diambil. Tujuan saya, adalah recharging semangat yang sudah mulai sedikit padam. Bertemu dengan para senior dari komunitas linux di Jabodetabek.

Salah satu yang saya dapat adalah Buku Kodenesia “71 Soal Algoritma Sederhana“. Karya pak Yanmarshus Bachtiar. Saat saya datang ke acara, di meja registrasi dan bertemu Bu Alin Nur Alifah. Istrinya pak Moko. Saya langsung tertarik untuk dapat buku itu. Ternyata saya kebagian jatah. Alhamdulillah.

Ada 71 soal algoritma disana. Tingkat kesulitannya acak. Tidak diketahui. Namun saya akan coba memecahkannya 1 persatu. Dengan menggunakan bash scripting sederhana. Karena baru bisa itu 😀

Soal pertama adalah FizzBuzz.

Buatlah sebuah program yang menghasilkan 100 baris angka, berurutan dari 1 sampai dengan 100. Apabila sebuah angka habis dibagi 3, maka tampilkan kata Fizz disebelahnya. Jika angkanya habis dibagi 5, tampilkan kata Buzz disebelahnya. Bila angka tersebut habis dibagi 3 dan habis dibagi 5, tampilkan kata FizzBuzz disebelah angka tersebut.

Berikut adalah hasil experimen saya untuk algoritma tersebut menggunakan bash scripting:

https://gitlab.com/dhenandi/71-soal-algoritma-kodenesia/blob/master/0-FizzBuzz/0-FizzBuzz.sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.